Ringkasan Usaha Oreo sprinkle Cake

LATAR BELAKANG
Dalam menjual sebuah bisnis hal yang perlu kita perhatikan secara seksama bahwa saat kita memulai sebuah rintisan usaha maka peluang pasar dan cara menggaet pelanggan atau penjual. Kita perlu ketahui juga dengan menyingkirkan adanya rasa malu, takut menghadapi kegagalan serta munculnya perang batin. Maka dari itu, kita perlu ingat dan jangan sampai terlupakan bahwa kita ini harus siap menghadapi segala resiko yang akan terjadi, dimana resiko bisnis itu seperti adanya keuntungan dan kerugian yang kita peroleh. Oleh karena itu, lebih baik mencoba tetapi gagal dibandingkan kita gagal dalam mencoba.
Pada konsep pemasaran ternyata ada banyak sekali bentuk beserta jenis keaneka ragaman makanan yang kecil hingga yang besar. Tak ketinggalan pula dari sisi harga yaitu mulai yang murah sampai yang mahal.
Salah satu makanan yang cukup banyak dijual, sekaligus makanan ringan yang cukup istimewa. Makanan itu bernama “OREO SPRINKLE CAKE”. Untuk membuat makanan ini sangatlah sederhana dan pembuatannya dilakukan secara higenis serta akan dijual dengan harga yang dapat dijangkau semua kalangan, tentunya hal ini akan bisa menarik minat masyarakat. OREO SPRINKLE CAKE ini menyediakan beberapa aneka kreasi, meskipun bentuknya mudah ditiru. Biasanya OREO SPRINKLE CAKE ini dapat disajikan diacara tertentu maupun acara-acara lainnya. Rasanya yang akan membuat anda ketagihan dan bentuknya yang selalu indah dipandang.
Kualitas OREO SPRINKLE CAKE akan lebih tahan lama tanpa bahan pengawet apapun, yang memiliki rasa lezat, enak, nikmat dan bentuk kreasinya yang selalu memikat hati pelanggan. Adanya beberapa potensi yang dibahas sebelumnya diatas, maka saya ingin membuat makanan ringan, yaitu usaha makanan “OREO SPRINKLE CAKE ” untuk dikembangkan menjadi usaha yang cukup besar sehingga masyarakat sekitar senantiasa selalu mengingat makanan ini.
A. Visi
Menjadi penerus generasi wirausaha mandiri serta berinteraktif dalam bidang bisnis.
B. Misi
Menjalankan bisnis dengan menutamakan pelayanan dalam penjualan serta membangun usaha yang luas untuk mengembangkan bisnis ini 
  • Menigkatkan kualitas rasa dari kue browies ini sendiri
  • Mengembangkan usaha ini menjadi berkembang dan mempunya cabang 
  • Membuat kreasi dan inovasi terbaru tidak hanya itu itu saja 
  • Menyesuaikan rasa dan selera untuk konsumen 
  • Memberi pelayanan yang memuaskan dan terbaik pada konsumen
  • Memberikan harga yang sesuai dengan masyarakat dan terjangkau   
C. Analisa Peluang Usaha
D. Streigh (kekuatan)
Dari usaha toko oreo sprinkle cake yg saya lakukan, memiliki beberapa kekuatan, yaitu:
-        mempunyai banyak aneka rasa yang enak dan memiliki berbagai bentuk kreasi yang sangat unik, supaya anak-anak juga suka untuk mengonsumsinya.
-        kualitasnya yang sangat terjangkau, karena kami membuat kue kering ini dengan cara higenis agar tetap bersih .
-        kami juga menjual kue kering ini untuk semua kalangan masyarakat.
-        harga yang kami berikan juga sangat terjangkau dan bersahabat dengan masyarakat.
D. Wreakness (kelemahan)
Kelemahan-kelemahan dari usaha kue kering kami, diantaranya:
-        kue kering yg kami buat tidak tahan lama, kurang lebih 3 bulan saja sudah sedikit rusak atau menjamur, karena kami tidak memakai bahan pengawet apapun.
-        kering kami juga mudah ditiru dan banyak dijumpai berbagai pasar manapun, karena banyak juga yang membuat usaha oreo sprinkle cake.
-        kami belum mempunyai bentuk kreasi/rasa terbaru, karena karyawan kami belum profesional atau masih tahap pembelajaran.
-        kue ini jika sudah terkena sinar matahari yang sangat lama warnanya akan memudar, maka dari itu oreo sprinkle cake yg kami buat tidak tahan terhadap sinar matahari.
-        jika harga bahan-bahan naik, otomatis juga harga kue kering ini juga ikut naik.
E. Oppurtunity(peluang)
Usaha kue kering ini juga mempunya peluang, diantaranya:
-        menerima pesanan oreo sprinkle cake untuk acara-acara tertentu misal arisan, acara keluarga, dll.
-        saat hari raya idul fitri pasti banyak yg membutuhkan parsel untuk diberikan kepada saudaranya maupun temannya dengan niat bersilahturahmi, maka dari itu kami menyediakan kue kering dengan berbagai macam rasa dalam bentuk parsel.
-        kebiasaan orang-orang untuk mengonsumsi kue kering maka kita tidak membuat pada hari raya idul fitri saja, tetapi juga membuat pada hari-hari biasa.
F. Threat(ancaman)
Setiap usaha memiliki berbagai ancaman, inilah ancaman saya:
-        banyaknya yang menjual produkoreo sprinkle cake dengat harga yang sangat murah, supaya barangnya cepat laku.
-        munculnya kue kering yang berada dipasaran dengan menggunakan bahan pengawet , agar ketahanan pada kue kering lebih tahan lama lagi.
-         adanya pedagang-pedagang yang menjual kue kering dengan cara berkeliling.
-        kejenuhan konsumen terhadap produk kami karena kurang bervariasi lagi, maka dari itu produk oreo sprinkle cake butuh variasi yg lebih baik lagi agar konsumen tertarik dengan produk kami.
G. Marketing Mix
H. Produk
v produk merupakan barang yang dijual belikan kepada konsumen yang biasanya dikonsumsi , digunakan, ataupun dipakai.
v spesifikasi:
Ø  bentuknya bermacam-macam ada bentuk bunga,lonjong,persegi panjang,bulat,dll.
Ø  komposisi terdiri dari:keju,susu bubuk,mentega,dll.
I. Price
Harga adalah nilai suatu barang yang diukur dengan uang. Produk oreo sprinkle cake milik kami ini memang harganya sangat terjangkau, berkualitas dan pas dikantong para konsumen yaitu Rp. 5.000,-
J. Place
Kami menyajikan dan membuat oreo sprinkle cake secara langsung ditoko kami. Kami juga menitipkan oreo sprinkle cake kami dibeberapa tempat seperti mall,toko oleh2, dll. Kue kering kamu sudah sedikit tersebar dimana-mana dan lumayan dikenal oleh masyarakat.
K. Promotion
Promosi adalah suatu tindakan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk kita kepada pasar sasaran.
http://agustianfebriyani124.blogspot.co.id/2016/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_7.html
LATAR BELAKANG Semakin berkembangnya zaman dan teknologi dengan adanya kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan dan skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran. Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa kue kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya dan acara-acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika melihat sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering itu sebagai usaha yang musiman.Selain itu juga kami menyiapkan aneka parsel untuk acara-acara tertentu maupun saat hari raya, karena sifatnya musiman maka usaha kue kering tidak dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya. Bukan rahasia lagi, jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya besar. Tetapi jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat dijalankan setiap hari. Dengan adanya kreativitas dari kita maka usaha yang akan kita kembangkan tidak akan sia-sia dan akan terus maju mengikuti perkembangan zaman. Hal ini kemudian memicu kami untuk melirik suatu komunitas yang masih jarang dimasuki oleh para pengusaha, yaitu komunitas aneka kue-kue dan parsel Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual aneka kue dan parsel Industri ini masih berskala kecil dan hanya bersifat pengenalan kepada konsumen, sehingga produkyang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan oleh keadaan pasar yang tidak tetap dan cepat berubah sesuai dengan tren yang juga cepat berubah. Namun dengan berjalannya proses usaha diharapkan usaha ini dapat meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar produk dengan mengutamakan mutu dalam produksinya. Sebagai manusia yang berpikir dengan akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, kami yang merupakan mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan yaitu bisnis aneka kue, yang kami berinama kue kering spesial. TUJUAN Tujuan Kami Memiliki Jenis Usaha ini Yaitu : 1. Membuka lapangan pekerjaan. 2. Mencari keuntungan atau laba. 3. Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal. 4. Mencapai target penjualan. 5. Berguna merencanakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi sekaligus penjualan makanan (kue kering) dan aneka bentuk parsel. URAIAN BENTUK, JENIS USAHA, DAN PENDIRIAN USAHA Bentuk usaha ini adalah persekutuan, karena dari segi formalitas dan batasan hukum yang dimiliki adalah kecil. Pengambilan keputusan dibuat berdasarkan kesepakatan para pemilik modal. Laba sepenuhnya menjadi hak pemilik yang berdasarkan kesepakatan para pemilik modal yang sesuai pada saat pendirian perusahaan. Pertimbangan lain dalam memilih usaha ini adalah karena modal didapat cenderung lebih besar daripada perusahaan perseorangan, tetapi kami merasa masih belum perlu mencari pinjaman dalam pengadaan modal. Apabila usaha sudah besar maka tidak menutup kemungkinan untuk memperluas bentuk usaha. Pendirian usaha ini adalah merintis usaha baru jadi bukan dengan cara membeli perusahaan, dan juga bukan kerja sama manajemen (franchising). NAMA USAHA Usaha kue kering yang akan kami didirikan diberi nama “KUE KERING SPECIAL”. STRUKTUR ORGANISASI Struktur organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan keterkaitan antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur seluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut. Pengaturan ini dihubungkan dengan pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai. Struktur organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya setiap perusahaan ataupun suatu usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan dan jenis perusahaan ataupun suatu usaha tersebut. Struktur perusahaan yang baik adalah struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat kerja sama tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit. Sehingga struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi kelemahan dari setiap bagian atau individu. Adapun struktur organisasi dari usaha "KUE KERING SPECIAL" ini adalah: Gambar 1. Struktur Organisasi Usaha kue kering special Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai berikut: Pemimpin bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek tugas-tugas tiap tim. Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha kue kering. Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam kue,karakteristik dan permintaan konsumen. Tim Pemasaran bertugas untuk menangani aktivitas penjualan dan pemasaran. Tim produksi bertugas untuk memproduksi produk kue Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan. RENCANA LOKASI USAHA Usaha kue kering ini adalah usaha yang paling mudah untuk dikembangkan. Karena banyaknya peminat kue kering ini dan parsel . Dan kue ini juga termasuk jenis makanan yang mudah diterima diberbagai kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dan para orang tua. Alasan kami memilih bisnis ini dikarenakan jenis makanan kue kering banyak disukai kalangan masyarakat. Bukan hanya itu bahan-bahan untuk membuat kue kering ini pun sangat mudah untuk diperoleh. Proses pembuatan kue kering ini sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk proses produksi tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya diberbagai tempat. seperti dikantin-kantin kantor, di berbagai sekolah, dikampus, di supermarket atau bahkan lewat online. TARGET PELANGGAN Target pelanggan Kue Kering Spesial yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas. Anak-anak ,anak muda , ibu rumah tangga dan semua kalangan. ANALISA PEMASARAN PRODUK Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah: Jangka Pendek 1. Produk kue kering ini lebih dikenal oleh masyarakat umum 2. Produk kue kering ini bisa didapatkan di toko-toko kue, swalayan atau bahkan supermarket 3. Mempunyai varian rasa baru 4. Adanya bonus dengan minimum pembelian Rp.100.000 dan dibuatkan parsel Jangka Menengah 1. Pemasaran bisa dilakukan secara delivery order 2. Pembelian diatas Rp.250.000 free delivery order 3. Free member card untuk pembelian di atas Rp.200.000 dan dibuatkan bentuk parsel 4. Pemasaran melalui toko on-online Jangka Panjang 1. Membuka outlet atau gerai resmi 2. Memperluas produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah Cara Memasarkan Usaha ini terbilang booming di pasaran karena penjualannya yang cukup laris. Karena kue yang dijual sesuai dengan selera pasar dan harganya pun terjangkau di kalangan masyarakat. Sehingga para pembeli pun banyak berminat untuk membeli kue ini. Kue ini terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikit pun dan juga tanpa di beri bahan pengawet. Rasa khas yang melekat pada kue ini serta harga yang ekonomis membuat kue kering ini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua. Selain rasanya yang enak dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat memesan kue ini. Penjual juga menaruh alamat dan juga nomor telepon, sehingga bagi yang ingin memesan dapat langsung menghubungi rumah produksi kue tersebut. Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara memberikan bonus kepada para pembeli yang membeli di atas harga Rp. 100.000 akan di buatkan bentuk parsel “gratis”. Karena sudah banyaknya peminat untuk membeli kue, maka dibukalah outlet resmi dan took on-line untuk mempermudah para peminat untuk memesan kue ini. Apalagi jaman sekarang ini, orang-orang hanya ingin cara yang simple untuk melakukan pemesanan makanan untuk melengkapi makanan di acaranya. Hanya tinggal datang atau menelfon bahkan bisa pesan lewat toko on-line kuepun siap untuk di antar ke alamat tempat tujuan. Bisnis kue ini bisa dikatakan cukup berkembang dengan cepat di kalangan masyarakat. Adapun cara pemasarannya, yaitu: a. Dipasarkan lewat kantin sekolah b. Dipasarkan lewat kantin kantor c. Dipasarkan di supermarket d. Dipasarkan secara on-line e. Toko kue f. Menerima delivery order dengan minimum pembelian Kendala 1. Munculnya usaha yang sama pasca usaha ini. 2. Modal yang selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah, menyebabkan harga berubah. 3. Perubahan selera konsumen. 4. Pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya selalu berganti. 5. Keadaan alam yang tidak dapat diperkirakan. 6. Harga bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap. Produksi Kue Kering Didalam proses pembuatannya kue kering keadaan atau tempat produksi haruslah bersih dan higenis. Agar pembuatan kue tidak terhambat dengan keadaan setempat. Selain itu tempat juga menjadi cerminan dalam pembuatan kue kering, karena jika tempat pembuatan kue tidak bersih otomatis kue yang dibuat terkena kotoran dan mudah terjangkit penyakit. Dan semua ini akan dapat mengurangi rasa dari kue tersebut. Maka dari itu tempat produksinya harus bersih dan terjaga dari kotoran. Dan kue-kue basah dan kering yang dihasilkan pun dapat masak dengan benar dan jauh dari asumsi negatif dari tempat yang tidak bersih. Analisis Bisnis Biaya Produksi 1. Modal Awal · Bahan Baku : Nama Bahan Biaya 1. Terigu 4 Kg Rp. 40.000,00 2. Telur 2 Kg Rp. 32.000,00 3. Gula tepung 2 Kg Rp. 30.000,00 4. Air Rp. – 5. Garam Rp. 5.000,00 6. Vanili Rp. 6.000,00 7. Blue band Rp. 10.000,00 8. Baking Powder Rp. 6.500,00 9. Tepung Maizena Rp. 5.500,00 Jumlah Rp. 145.000,00 · · · Bahan Taburan : Nama Bahan Biaya 1. Kacang tanah ½ Kg Rp. 8.000,00 2. Coklat Rp. 30.000,00 3. Keju Rp. 35.000,00 4. Susu kental manis Rp. 15.000,00 5. Kacang Mete 1 kg Rp. 40.000,00 Jumlah Rp. 128.000,00 · Peralatan Alat Produksi Nama Alat Jumlah Biaya 1. Mixer atau alat pengaduk manual 2 Rp. 500.000,00 2. Tempat untuk mengaduk adonan 5 Rp. 70.000,00 3. Peralatan Masak Rp. 2.000.000,00 4. Timbangan kue 2 Rp. 250.000,00 5. Gelas ukur 2 Rp. 30.000,00 6. Loyang 5 Rp. 350000 7. Oven manual atau microwave 2 Rp. 800.000,00 8. Toples plastic 600 Rp. 1.500,000,00 9. Peralatan Parsel Rp. 500.000,00 10. Lain-lain Rp. 1.000.000,00 Jumlah Rp. 7.000.000,00 Peralatan yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp2.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp7.000.000,00 – Rp2.000,00)/4 = Rp1.748.500,00 per tahun atau sama dengan Rp 145.791,00 per bulan. 1. Perkiraan penjualan per bulan Asumsi per hari terjual 20 kotak kue × Rp. 25.000,00 × 30 hari = Rp. 15.000.000,00 Biaya-biaya: Peralatan Biaya Penyusutan peralatan Rp. 145.791,00 Bahan baku (Rp. 110.000,00 × 30 hari) Rp. 4.350.000,00 Bahan taburan (Rp.128.000,00 x 30 hari) Rp. 3.840.000,00 Upah pegawai (3 orang) Rp. 2.250.000,00 Sewa tempat Rp. 750.000,00 Promosi Rp. 300.000,00 Listrik, air, telepon dan gas Rp. 400.000,00 Jumlah Rp. 12.035.791,00 2. Prive Rp. 200.000,00 3. Laba bersih per bulan Penjualan – biaya-biaya – prive = laba bersih Rp. 15.000.000,00– Rp.12.035.791,00 – Rp. 200.000,00 = Rp. 2.764.209,00 4. Perkiraan modal kembali (Pay Back Periode) Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan) Rp 7.000.000,00 ÷ Rp 2.764.209,00 = ± 2,5 bulan Jadi modal akan kembali sekitar 2,5 bulan. Penutup Kesimpulan Kesimpulan dengan berjalannya proses pembuatan kue ini dan sampai menghasilkan kue kering menjadikan bermacam –macam kue yang dapat di jual dan melakukan transaksi terhadap penjual dan pembeli. Hal ini tentu saja telah membuktikan bahwa berbisnis dapat kita lakukan atau kita produksi di mana saja dan dengan berbisnis seperti ini kita juga dapat membuka peluang usah bagi masyarakat untuk berwirausaha. Kritik dan saran dalam penyusunan proposal ini kami harapkan dari para pembaca. Penyusun banyak mengalami kendala, maka kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi memajukan perusahaan kue kering kami ini. Saran Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai beberapa saran, yaitu: Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan. Pandai berkomunikasi. Mempunyai etos kerja yang tinggi. Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain. Tidak mudah putus asa. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mengutamakan kepuasan pelanggan. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif. Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef

Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
LATAR BELAKANG Semakin berkembangnya zaman dan teknologi dengan adanya kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan dan skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran. Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa kue kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya dan acara-acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika melihat sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering itu sebagai usaha yang musiman.Selain itu juga kami menyiapkan aneka parsel untuk acara-acara tertentu maupun saat hari raya, karena sifatnya musiman maka usaha kue kering tidak dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya. Bukan rahasia lagi, jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya besar. Tetapi jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat dijalankan setiap hari. Dengan adanya kreativitas dari kita maka usaha yang akan kita kembangkan tidak akan sia-sia dan akan terus maju mengikuti perkembangan zaman. Hal ini kemudian memicu kami untuk melirik suatu komunitas yang masih jarang dimasuki oleh para pengusaha, yaitu komunitas aneka kue-kue dan parsel Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual aneka kue dan parsel Industri ini masih berskala kecil dan hanya bersifat pengenalan kepada konsumen, sehingga produkyang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan oleh keadaan pasar yang tidak tetap dan cepat berubah sesuai dengan tren yang juga cepat berubah. Namun dengan berjalannya proses usaha diharapkan usaha ini dapat meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar produk dengan mengutamakan mutu dalam produksinya. Sebagai manusia yang berpikir dengan akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, kami yang merupakan mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan yaitu bisnis aneka kue, yang kami berinama kue kering spesial. TUJUAN Tujuan Kami Memiliki Jenis Usaha ini Yaitu : 1. Membuka lapangan pekerjaan. 2. Mencari keuntungan atau laba. 3. Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal. 4. Mencapai target penjualan. 5. Berguna merencanakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi sekaligus penjualan makanan (kue kering) dan aneka bentuk parsel. URAIAN BENTUK, JENIS USAHA, DAN PENDIRIAN USAHA Bentuk usaha ini adalah persekutuan, karena dari segi formalitas dan batasan hukum yang dimiliki adalah kecil. Pengambilan keputusan dibuat berdasarkan kesepakatan para pemilik modal. Laba sepenuhnya menjadi hak pemilik yang berdasarkan kesepakatan para pemilik modal yang sesuai pada saat pendirian perusahaan. Pertimbangan lain dalam memilih usaha ini adalah karena modal didapat cenderung lebih besar daripada perusahaan perseorangan, tetapi kami merasa masih belum perlu mencari pinjaman dalam pengadaan modal. Apabila usaha sudah besar maka tidak menutup kemungkinan untuk memperluas bentuk usaha. Pendirian usaha ini adalah merintis usaha baru jadi bukan dengan cara membeli perusahaan, dan juga bukan kerja sama manajemen (franchising). NAMA USAHA Usaha kue kering yang akan kami didirikan diberi nama “KUE KERING SPECIAL”. STRUKTUR ORGANISASI Struktur organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan keterkaitan antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur seluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut. Pengaturan ini dihubungkan dengan pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai. Struktur organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya setiap perusahaan ataupun suatu usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan dan jenis perusahaan ataupun suatu usaha tersebut. Struktur perusahaan yang baik adalah struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat kerja sama tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit. Sehingga struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi kelemahan dari setiap bagian atau individu. Adapun struktur organisasi dari usaha "KUE KERING SPECIAL" ini adalah: Gambar 1. Struktur Organisasi Usaha kue kering special Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai berikut: Pemimpin bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek tugas-tugas tiap tim. Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha kue kering. Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam kue,karakteristik dan permintaan konsumen. Tim Pemasaran bertugas untuk menangani aktivitas penjualan dan pemasaran. Tim produksi bertugas untuk memproduksi produk kue Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan. RENCANA LOKASI USAHA Usaha kue kering ini adalah usaha yang paling mudah untuk dikembangkan. Karena banyaknya peminat kue kering ini dan parsel . Dan kue ini juga termasuk jenis makanan yang mudah diterima diberbagai kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dan para orang tua. Alasan kami memilih bisnis ini dikarenakan jenis makanan kue kering banyak disukai kalangan masyarakat. Bukan hanya itu bahan-bahan untuk membuat kue kering ini pun sangat mudah untuk diperoleh. Proses pembuatan kue kering ini sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk proses produksi tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya diberbagai tempat. seperti dikantin-kantin kantor, di berbagai sekolah, dikampus, di supermarket atau bahkan lewat online. TARGET PELANGGAN Target pelanggan Kue Kering Spesial yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas. Anak-anak ,anak muda , ibu rumah tangga dan semua kalangan. ANALISA PEMASARAN PRODUK Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah: Jangka Pendek 1. Produk kue kering ini lebih dikenal oleh masyarakat umum 2. Produk kue kering ini bisa didapatkan di toko-toko kue, swalayan atau bahkan supermarket 3. Mempunyai varian rasa baru 4. Adanya bonus dengan minimum pembelian Rp.100.000 dan dibuatkan parsel Jangka Menengah 1. Pemasaran bisa dilakukan secara delivery order 2. Pembelian diatas Rp.250.000 free delivery order 3. Free member card untuk pembelian di atas Rp.200.000 dan dibuatkan bentuk parsel 4. Pemasaran melalui toko on-online Jangka Panjang 1. Membuka outlet atau gerai resmi 2. Memperluas produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah Cara Memasarkan Usaha ini terbilang booming di pasaran karena penjualannya yang cukup laris. Karena kue yang dijual sesuai dengan selera pasar dan harganya pun terjangkau di kalangan masyarakat. Sehingga para pembeli pun banyak berminat untuk membeli kue ini. Kue ini terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikit pun dan juga tanpa di beri bahan pengawet. Rasa khas yang melekat pada kue ini serta harga yang ekonomis membuat kue kering ini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua. Selain rasanya yang enak dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat memesan kue ini. Penjual juga menaruh alamat dan juga nomor telepon, sehingga bagi yang ingin memesan dapat langsung menghubungi rumah produksi kue tersebut. Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara memberikan bonus kepada para pembeli yang membeli di atas harga Rp. 100.000 akan di buatkan bentuk parsel “gratis”. Karena sudah banyaknya peminat untuk membeli kue, maka dibukalah outlet resmi dan took on-line untuk mempermudah para peminat untuk memesan kue ini. Apalagi jaman sekarang ini, orang-orang hanya ingin cara yang simple untuk melakukan pemesanan makanan untuk melengkapi makanan di acaranya. Hanya tinggal datang atau menelfon bahkan bisa pesan lewat toko on-line kuepun siap untuk di antar ke alamat tempat tujuan. Bisnis kue ini bisa dikatakan cukup berkembang dengan cepat di kalangan masyarakat. Adapun cara pemasarannya, yaitu: a. Dipasarkan lewat kantin sekolah b. Dipasarkan lewat kantin kantor c. Dipasarkan di supermarket d. Dipasarkan secara on-line e. Toko kue f. Menerima delivery order dengan minimum pembelian Kendala 1. Munculnya usaha yang sama pasca usaha ini. 2. Modal yang selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah, menyebabkan harga berubah. 3. Perubahan selera konsumen. 4. Pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya selalu berganti. 5. Keadaan alam yang tidak dapat diperkirakan. 6. Harga bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap. Produksi Kue Kering Didalam proses pembuatannya kue kering keadaan atau tempat produksi haruslah bersih dan higenis. Agar pembuatan kue tidak terhambat dengan keadaan setempat. Selain itu tempat juga menjadi cerminan dalam pembuatan kue kering, karena jika tempat pembuatan kue tidak bersih otomatis kue yang dibuat terkena kotoran dan mudah terjangkit penyakit. Dan semua ini akan dapat mengurangi rasa dari kue tersebut. Maka dari itu tempat produksinya harus bersih dan terjaga dari kotoran. Dan kue-kue basah dan kering yang dihasilkan pun dapat masak dengan benar dan jauh dari asumsi negatif dari tempat yang tidak bersih. Analisis Bisnis Biaya Produksi 1. Modal Awal · Bahan Baku : Nama Bahan Biaya 1. Terigu 4 Kg Rp. 40.000,00 2. Telur 2 Kg Rp. 32.000,00 3. Gula tepung 2 Kg Rp. 30.000,00 4. Air Rp. – 5. Garam Rp. 5.000,00 6. Vanili Rp. 6.000,00 7. Blue band Rp. 10.000,00 8. Baking Powder Rp. 6.500,00 9. Tepung Maizena Rp. 5.500,00 Jumlah Rp. 145.000,00 · · · Bahan Taburan : Nama Bahan Biaya 1. Kacang tanah ½ Kg Rp. 8.000,00 2. Coklat Rp. 30.000,00 3. Keju Rp. 35.000,00 4. Susu kental manis Rp. 15.000,00 5. Kacang Mete 1 kg Rp. 40.000,00 Jumlah Rp. 128.000,00 · Peralatan Alat Produksi Nama Alat Jumlah Biaya 1. Mixer atau alat pengaduk manual 2 Rp. 500.000,00 2. Tempat untuk mengaduk adonan 5 Rp. 70.000,00 3. Peralatan Masak Rp. 2.000.000,00 4. Timbangan kue 2 Rp. 250.000,00 5. Gelas ukur 2 Rp. 30.000,00 6. Loyang 5 Rp. 350000 7. Oven manual atau microwave 2 Rp. 800.000,00 8. Toples plastic 600 Rp. 1.500,000,00 9. Peralatan Parsel Rp. 500.000,00 10. Lain-lain Rp. 1.000.000,00 Jumlah Rp. 7.000.000,00 Peralatan yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp2.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp7.000.000,00 – Rp2.000,00)/4 = Rp1.748.500,00 per tahun atau sama dengan Rp 145.791,00 per bulan. 1. Perkiraan penjualan per bulan Asumsi per hari terjual 20 kotak kue × Rp. 25.000,00 × 30 hari = Rp. 15.000.000,00 Biaya-biaya: Peralatan Biaya Penyusutan peralatan Rp. 145.791,00 Bahan baku (Rp. 110.000,00 × 30 hari) Rp. 4.350.000,00 Bahan taburan (Rp.128.000,00 x 30 hari) Rp. 3.840.000,00 Upah pegawai (3 orang) Rp. 2.250.000,00 Sewa tempat Rp. 750.000,00 Promosi Rp. 300.000,00 Listrik, air, telepon dan gas Rp. 400.000,00 Jumlah Rp. 12.035.791,00 2. Prive Rp. 200.000,00 3. Laba bersih per bulan Penjualan – biaya-biaya – prive = laba bersih Rp. 15.000.000,00– Rp.12.035.791,00 – Rp. 200.000,00 = Rp. 2.764.209,00 4. Perkiraan modal kembali (Pay Back Periode) Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan) Rp 7.000.000,00 ÷ Rp 2.764.209,00 = ± 2,5 bulan Jadi modal akan kembali sekitar 2,5 bulan. Penutup Kesimpulan Kesimpulan dengan berjalannya proses pembuatan kue ini dan sampai menghasilkan kue kering menjadikan bermacam –macam kue yang dapat di jual dan melakukan transaksi terhadap penjual dan pembeli. Hal ini tentu saja telah membuktikan bahwa berbisnis dapat kita lakukan atau kita produksi di mana saja dan dengan berbisnis seperti ini kita juga dapat membuka peluang usah bagi masyarakat untuk berwirausaha. Kritik dan saran dalam penyusunan proposal ini kami harapkan dari para pembaca. Penyusun banyak mengalami kendala, maka kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi memajukan perusahaan kue kering kami ini. Saran Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai beberapa saran, yaitu: Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan. Pandai berkomunikasi. Mempunyai etos kerja yang tinggi. Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain. Tidak mudah putus asa. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mengutamakan kepuasan pelanggan. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif. Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef

Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
LATAR BELAKANG Semakin berkembangnya zaman dan teknologi dengan adanya kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan dan skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran. Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa kue kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya dan acara-acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika melihat sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering itu sebagai usaha yang musiman.Selain itu juga kami menyiapkan aneka parsel untuk acara-acara tertentu maupun saat hari raya, karena sifatnya musiman maka usaha kue kering tidak dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya. Bukan rahasia lagi, jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya besar. Tetapi jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat dijalankan setiap hari. Dengan adanya kreativitas dari kita maka usaha yang akan kita kembangkan tidak akan sia-sia dan akan terus maju mengikuti perkembangan zaman. Hal ini kemudian memicu kami untuk melirik suatu komunitas yang masih jarang dimasuki oleh para pengusaha, yaitu komunitas aneka kue-kue dan parsel Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual aneka kue dan parsel Industri ini masih berskala kecil dan hanya bersifat pengenalan kepada konsumen, sehingga produkyang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan oleh keadaan pasar yang tidak tetap dan cepat berubah sesuai dengan tren yang juga cepat berubah. Namun dengan berjalannya proses usaha diharapkan usaha ini dapat meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar produk dengan mengutamakan mutu dalam produksinya. Sebagai manusia yang berpikir dengan akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, kami yang merupakan mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan yaitu bisnis aneka kue, yang kami berinama kue kering spesial. TUJUAN Tujuan Kami Memiliki Jenis Usaha ini Yaitu : 1. Membuka lapangan pekerjaan. 2. Mencari keuntungan atau laba. 3. Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal. 4. Mencapai target penjualan. 5. Berguna merencanakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi sekaligus penjualan makanan (kue kering) dan aneka bentuk parsel. URAIAN BENTUK, JENIS USAHA, DAN PENDIRIAN USAHA Bentuk usaha ini adalah persekutuan, karena dari segi formalitas dan batasan hukum yang dimiliki adalah kecil. Pengambilan keputusan dibuat berdasarkan kesepakatan para pemilik modal. Laba sepenuhnya menjadi hak pemilik yang berdasarkan kesepakatan para pemilik modal yang sesuai pada saat pendirian perusahaan. Pertimbangan lain dalam memilih usaha ini adalah karena modal didapat cenderung lebih besar daripada perusahaan perseorangan, tetapi kami merasa masih belum perlu mencari pinjaman dalam pengadaan modal. Apabila usaha sudah besar maka tidak menutup kemungkinan untuk memperluas bentuk usaha. Pendirian usaha ini adalah merintis usaha baru jadi bukan dengan cara membeli perusahaan, dan juga bukan kerja sama manajemen (franchising). NAMA USAHA Usaha kue kering yang akan kami didirikan diberi nama “KUE KERING SPECIAL”. STRUKTUR ORGANISASI Struktur organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan keterkaitan antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur seluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut. Pengaturan ini dihubungkan dengan pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai. Struktur organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya setiap perusahaan ataupun suatu usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan dan jenis perusahaan ataupun suatu usaha tersebut. Struktur perusahaan yang baik adalah struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat kerja sama tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit. Sehingga struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi kelemahan dari setiap bagian atau individu. Adapun struktur organisasi dari usaha "KUE KERING SPECIAL" ini adalah: Gambar 1. Struktur Organisasi Usaha kue kering special Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai berikut: Pemimpin bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek tugas-tugas tiap tim. Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha kue kering. Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam kue,karakteristik dan permintaan konsumen. Tim Pemasaran bertugas untuk menangani aktivitas penjualan dan pemasaran. Tim produksi bertugas untuk memproduksi produk kue Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan. RENCANA LOKASI USAHA Usaha kue kering ini adalah usaha yang paling mudah untuk dikembangkan. Karena banyaknya peminat kue kering ini dan parsel . Dan kue ini juga termasuk jenis makanan yang mudah diterima diberbagai kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dan para orang tua. Alasan kami memilih bisnis ini dikarenakan jenis makanan kue kering banyak disukai kalangan masyarakat. Bukan hanya itu bahan-bahan untuk membuat kue kering ini pun sangat mudah untuk diperoleh. Proses pembuatan kue kering ini sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk proses produksi tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya diberbagai tempat. seperti dikantin-kantin kantor, di berbagai sekolah, dikampus, di supermarket atau bahkan lewat online. TARGET PELANGGAN Target pelanggan Kue Kering Spesial yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas. Anak-anak ,anak muda , ibu rumah tangga dan semua kalangan. ANALISA PEMASARAN PRODUK Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah: Jangka Pendek 1. Produk kue kering ini lebih dikenal oleh masyarakat umum 2. Produk kue kering ini bisa didapatkan di toko-toko kue, swalayan atau bahkan supermarket 3. Mempunyai varian rasa baru 4. Adanya bonus dengan minimum pembelian Rp.100.000 dan dibuatkan parsel Jangka Menengah 1. Pemasaran bisa dilakukan secara delivery order 2. Pembelian diatas Rp.250.000 free delivery order 3. Free member card untuk pembelian di atas Rp.200.000 dan dibuatkan bentuk parsel 4. Pemasaran melalui toko on-online Jangka Panjang 1. Membuka outlet atau gerai resmi 2. Memperluas produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah Cara Memasarkan Usaha ini terbilang booming di pasaran karena penjualannya yang cukup laris. Karena kue yang dijual sesuai dengan selera pasar dan harganya pun terjangkau di kalangan masyarakat. Sehingga para pembeli pun banyak berminat untuk membeli kue ini. Kue ini terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikit pun dan juga tanpa di beri bahan pengawet. Rasa khas yang melekat pada kue ini serta harga yang ekonomis membuat kue kering ini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua. Selain rasanya yang enak dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat memesan kue ini. Penjual juga menaruh alamat dan juga nomor telepon, sehingga bagi yang ingin memesan dapat langsung menghubungi rumah produksi kue tersebut. Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara memberikan bonus kepada para pembeli yang membeli di atas harga Rp. 100.000 akan di buatkan bentuk parsel “gratis”. Karena sudah banyaknya peminat untuk membeli kue, maka dibukalah outlet resmi dan took on-line untuk mempermudah para peminat untuk memesan kue ini. Apalagi jaman sekarang ini, orang-orang hanya ingin cara yang simple untuk melakukan pemesanan makanan untuk melengkapi makanan di acaranya. Hanya tinggal datang atau menelfon bahkan bisa pesan lewat toko on-line kuepun siap untuk di antar ke alamat tempat tujuan. Bisnis kue ini bisa dikatakan cukup berkembang dengan cepat di kalangan masyarakat. Adapun cara pemasarannya, yaitu: a. Dipasarkan lewat kantin sekolah b. Dipasarkan lewat kantin kantor c. Dipasarkan di supermarket d. Dipasarkan secara on-line e. Toko kue f. Menerima delivery order dengan minimum pembelian Kendala 1. Munculnya usaha yang sama pasca usaha ini. 2. Modal yang selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah, menyebabkan harga berubah. 3. Perubahan selera konsumen. 4. Pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya selalu berganti. 5. Keadaan alam yang tidak dapat diperkirakan. 6. Harga bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap. Produksi Kue Kering Didalam proses pembuatannya kue kering keadaan atau tempat produksi haruslah bersih dan higenis. Agar pembuatan kue tidak terhambat dengan keadaan setempat. Selain itu tempat juga menjadi cerminan dalam pembuatan kue kering, karena jika tempat pembuatan kue tidak bersih otomatis kue yang dibuat terkena kotoran dan mudah terjangkit penyakit. Dan semua ini akan dapat mengurangi rasa dari kue tersebut. Maka dari itu tempat produksinya harus bersih dan terjaga dari kotoran. Dan kue-kue basah dan kering yang dihasilkan pun dapat masak dengan benar dan jauh dari asumsi negatif dari tempat yang tidak bersih. Analisis Bisnis Biaya Produksi 1. Modal Awal · Bahan Baku : Nama Bahan Biaya 1. Terigu 4 Kg Rp. 40.000,00 2. Telur 2 Kg Rp. 32.000,00 3. Gula tepung 2 Kg Rp. 30.000,00 4. Air Rp. – 5. Garam Rp. 5.000,00 6. Vanili Rp. 6.000,00 7. Blue band Rp. 10.000,00 8. Baking Powder Rp. 6.500,00 9. Tepung Maizena Rp. 5.500,00 Jumlah Rp. 145.000,00 · · · Bahan Taburan : Nama Bahan Biaya 1. Kacang tanah ½ Kg Rp. 8.000,00 2. Coklat Rp. 30.000,00 3. Keju Rp. 35.000,00 4. Susu kental manis Rp. 15.000,00 5. Kacang Mete 1 kg Rp. 40.000,00 Jumlah Rp. 128.000,00 · Peralatan Alat Produksi Nama Alat Jumlah Biaya 1. Mixer atau alat pengaduk manual 2 Rp. 500.000,00 2. Tempat untuk mengaduk adonan 5 Rp. 70.000,00 3. Peralatan Masak Rp. 2.000.000,00 4. Timbangan kue 2 Rp. 250.000,00 5. Gelas ukur 2 Rp. 30.000,00 6. Loyang 5 Rp. 350000 7. Oven manual atau microwave 2 Rp. 800.000,00 8. Toples plastic 600 Rp. 1.500,000,00 9. Peralatan Parsel Rp. 500.000,00 10. Lain-lain Rp. 1.000.000,00 Jumlah Rp. 7.000.000,00 Peralatan yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp2.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp7.000.000,00 – Rp2.000,00)/4 = Rp1.748.500,00 per tahun atau sama dengan Rp 145.791,00 per bulan. 1. Perkiraan penjualan per bulan Asumsi per hari terjual 20 kotak kue × Rp. 25.000,00 × 30 hari = Rp. 15.000.000,00 Biaya-biaya: Peralatan Biaya Penyusutan peralatan Rp. 145.791,00 Bahan baku (Rp. 110.000,00 × 30 hari) Rp. 4.350.000,00 Bahan taburan (Rp.128.000,00 x 30 hari) Rp. 3.840.000,00 Upah pegawai (3 orang) Rp. 2.250.000,00 Sewa tempat Rp. 750.000,00 Promosi Rp. 300.000,00 Listrik, air, telepon dan gas Rp. 400.000,00 Jumlah Rp. 12.035.791,00 2. Prive Rp. 200.000,00 3. Laba bersih per bulan Penjualan – biaya-biaya – prive = laba bersih Rp. 15.000.000,00– Rp.12.035.791,00 – Rp. 200.000,00 = Rp. 2.764.209,00 4. Perkiraan modal kembali (Pay Back Periode) Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan) Rp 7.000.000,00 ÷ Rp 2.764.209,00 = ± 2,5 bulan Jadi modal akan kembali sekitar 2,5 bulan. Penutup Kesimpulan Kesimpulan dengan berjalannya proses pembuatan kue ini dan sampai menghasilkan kue kering menjadikan bermacam –macam kue yang dapat di jual dan melakukan transaksi terhadap penjual dan pembeli. Hal ini tentu saja telah membuktikan bahwa berbisnis dapat kita lakukan atau kita produksi di mana saja dan dengan berbisnis seperti ini kita juga dapat membuka peluang usah bagi masyarakat untuk berwirausaha. Kritik dan saran dalam penyusunan proposal ini kami harapkan dari para pembaca. Penyusun banyak mengalami kendala, maka kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi memajukan perusahaan kue kering kami ini. Saran Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai beberapa saran, yaitu: Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan. Pandai berkomunikasi. Mempunyai etos kerja yang tinggi. Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain. Tidak mudah putus asa. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mengutamakan kepuasan pelanggan. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif. Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef

Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
LATAR BELAKANG Semakin berkembangnya zaman dan teknologi dengan adanya kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan dan skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran. Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa kue kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya dan acara-acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika melihat sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering itu sebagai usaha yang musiman.Selain itu juga kami menyiapkan aneka parsel untuk acara-acara tertentu maupun saat hari raya, karena sifatnya musiman maka usaha kue kering tidak dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya. Bukan rahasia lagi, jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya besar. Tetapi jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat dijalankan setiap hari. Dengan adanya kreativitas dari kita maka usaha yang akan kita kembangkan tidak akan sia-sia dan akan terus maju mengikuti perkembangan zaman. Hal ini kemudian memicu kami untuk melirik suatu komunitas yang masih jarang dimasuki oleh para pengusaha, yaitu komunitas aneka kue-kue dan parsel Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual aneka kue dan parsel Industri ini masih berskala kecil dan hanya bersifat pengenalan kepada konsumen, sehingga produkyang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan oleh keadaan pasar yang tidak tetap dan cepat berubah sesuai dengan tren yang juga cepat berubah. Namun dengan berjalannya proses usaha diharapkan usaha ini dapat meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar produk dengan mengutamakan mutu dalam produksinya. Sebagai manusia yang berpikir dengan akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, kami yang merupakan mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak dibidang bisnis makanan yaitu bisnis aneka kue, yang kami berinama kue kering spesial. TUJUAN Tujuan Kami Memiliki Jenis Usaha ini Yaitu : 1. Membuka lapangan pekerjaan. 2. Mencari keuntungan atau laba. 3. Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup terkenal. 4. Mencapai target penjualan. 5. Berguna merencanakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi sekaligus penjualan makanan (kue kering) dan aneka bentuk parsel. URAIAN BENTUK, JENIS USAHA, DAN PENDIRIAN USAHA Bentuk usaha ini adalah persekutuan, karena dari segi formalitas dan batasan hukum yang dimiliki adalah kecil. Pengambilan keputusan dibuat berdasarkan kesepakatan para pemilik modal. Laba sepenuhnya menjadi hak pemilik yang berdasarkan kesepakatan para pemilik modal yang sesuai pada saat pendirian perusahaan. Pertimbangan lain dalam memilih usaha ini adalah karena modal didapat cenderung lebih besar daripada perusahaan perseorangan, tetapi kami merasa masih belum perlu mencari pinjaman dalam pengadaan modal. Apabila usaha sudah besar maka tidak menutup kemungkinan untuk memperluas bentuk usaha. Pendirian usaha ini adalah merintis usaha baru jadi bukan dengan cara membeli perusahaan, dan juga bukan kerja sama manajemen (franchising). NAMA USAHA Usaha kue kering yang akan kami didirikan diberi nama “KUE KERING SPECIAL”. STRUKTUR ORGANISASI Struktur organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan keterkaitan antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur seluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut. Pengaturan ini dihubungkan dengan pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai. Struktur organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya setiap perusahaan ataupun suatu usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan dan jenis perusahaan ataupun suatu usaha tersebut. Struktur perusahaan yang baik adalah struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat kerja sama tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit. Sehingga struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi kelemahan dari setiap bagian atau individu. Adapun struktur organisasi dari usaha "KUE KERING SPECIAL" ini adalah: Gambar 1. Struktur Organisasi Usaha kue kering special Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai berikut: Pemimpin bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek tugas-tugas tiap tim. Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha kue kering. Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam kue,karakteristik dan permintaan konsumen. Tim Pemasaran bertugas untuk menangani aktivitas penjualan dan pemasaran. Tim produksi bertugas untuk memproduksi produk kue Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan. RENCANA LOKASI USAHA Usaha kue kering ini adalah usaha yang paling mudah untuk dikembangkan. Karena banyaknya peminat kue kering ini dan parsel . Dan kue ini juga termasuk jenis makanan yang mudah diterima diberbagai kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dan para orang tua. Alasan kami memilih bisnis ini dikarenakan jenis makanan kue kering banyak disukai kalangan masyarakat. Bukan hanya itu bahan-bahan untuk membuat kue kering ini pun sangat mudah untuk diperoleh. Proses pembuatan kue kering ini sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk proses produksi tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya diberbagai tempat. seperti dikantin-kantin kantor, di berbagai sekolah, dikampus, di supermarket atau bahkan lewat online. TARGET PELANGGAN Target pelanggan Kue Kering Spesial yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah ke atas. Anak-anak ,anak muda , ibu rumah tangga dan semua kalangan. ANALISA PEMASARAN PRODUK Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah: Jangka Pendek 1. Produk kue kering ini lebih dikenal oleh masyarakat umum 2. Produk kue kering ini bisa didapatkan di toko-toko kue, swalayan atau bahkan supermarket 3. Mempunyai varian rasa baru 4. Adanya bonus dengan minimum pembelian Rp.100.000 dan dibuatkan parsel Jangka Menengah 1. Pemasaran bisa dilakukan secara delivery order 2. Pembelian diatas Rp.250.000 free delivery order 3. Free member card untuk pembelian di atas Rp.200.000 dan dibuatkan bentuk parsel 4. Pemasaran melalui toko on-online Jangka Panjang 1. Membuka outlet atau gerai resmi 2. Memperluas produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah Cara Memasarkan Usaha ini terbilang booming di pasaran karena penjualannya yang cukup laris. Karena kue yang dijual sesuai dengan selera pasar dan harganya pun terjangkau di kalangan masyarakat. Sehingga para pembeli pun banyak berminat untuk membeli kue ini. Kue ini terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikit pun dan juga tanpa di beri bahan pengawet. Rasa khas yang melekat pada kue ini serta harga yang ekonomis membuat kue kering ini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua. Selain rasanya yang enak dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat memesan kue ini. Penjual juga menaruh alamat dan juga nomor telepon, sehingga bagi yang ingin memesan dapat langsung menghubungi rumah produksi kue tersebut. Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara memberikan bonus kepada para pembeli yang membeli di atas harga Rp. 100.000 akan di buatkan bentuk parsel “gratis”. Karena sudah banyaknya peminat untuk membeli kue, maka dibukalah outlet resmi dan took on-line untuk mempermudah para peminat untuk memesan kue ini. Apalagi jaman sekarang ini, orang-orang hanya ingin cara yang simple untuk melakukan pemesanan makanan untuk melengkapi makanan di acaranya. Hanya tinggal datang atau menelfon bahkan bisa pesan lewat toko on-line kuepun siap untuk di antar ke alamat tempat tujuan. Bisnis kue ini bisa dikatakan cukup berkembang dengan cepat di kalangan masyarakat. Adapun cara pemasarannya, yaitu: a. Dipasarkan lewat kantin sekolah b. Dipasarkan lewat kantin kantor c. Dipasarkan di supermarket d. Dipasarkan secara on-line e. Toko kue f. Menerima delivery order dengan minimum pembelian Kendala 1. Munculnya usaha yang sama pasca usaha ini. 2. Modal yang selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah, menyebabkan harga berubah. 3. Perubahan selera konsumen. 4. Pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya selalu berganti. 5. Keadaan alam yang tidak dapat diperkirakan. 6. Harga bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap. Produksi Kue Kering Didalam proses pembuatannya kue kering keadaan atau tempat produksi haruslah bersih dan higenis. Agar pembuatan kue tidak terhambat dengan keadaan setempat. Selain itu tempat juga menjadi cerminan dalam pembuatan kue kering, karena jika tempat pembuatan kue tidak bersih otomatis kue yang dibuat terkena kotoran dan mudah terjangkit penyakit. Dan semua ini akan dapat mengurangi rasa dari kue tersebut. Maka dari itu tempat produksinya harus bersih dan terjaga dari kotoran. Dan kue-kue basah dan kering yang dihasilkan pun dapat masak dengan benar dan jauh dari asumsi negatif dari tempat yang tidak bersih. Analisis Bisnis Biaya Produksi 1. Modal Awal · Bahan Baku : Nama Bahan Biaya 1. Terigu 4 Kg Rp. 40.000,00 2. Telur 2 Kg Rp. 32.000,00 3. Gula tepung 2 Kg Rp. 30.000,00 4. Air Rp. – 5. Garam Rp. 5.000,00 6. Vanili Rp. 6.000,00 7. Blue band Rp. 10.000,00 8. Baking Powder Rp. 6.500,00 9. Tepung Maizena Rp. 5.500,00 Jumlah Rp. 145.000,00 · · · Bahan Taburan : Nama Bahan Biaya 1. Kacang tanah ½ Kg Rp. 8.000,00 2. Coklat Rp. 30.000,00 3. Keju Rp. 35.000,00 4. Susu kental manis Rp. 15.000,00 5. Kacang Mete 1 kg Rp. 40.000,00 Jumlah Rp. 128.000,00 · Peralatan Alat Produksi Nama Alat Jumlah Biaya 1. Mixer atau alat pengaduk manual 2 Rp. 500.000,00 2. Tempat untuk mengaduk adonan 5 Rp. 70.000,00 3. Peralatan Masak Rp. 2.000.000,00 4. Timbangan kue 2 Rp. 250.000,00 5. Gelas ukur 2 Rp. 30.000,00 6. Loyang 5 Rp. 350000 7. Oven manual atau microwave 2 Rp. 800.000,00 8. Toples plastic 600 Rp. 1.500,000,00 9. Peralatan Parsel Rp. 500.000,00 10. Lain-lain Rp. 1.000.000,00 Jumlah Rp. 7.000.000,00 Peralatan yang mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp2.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp7.000.000,00 – Rp2.000,00)/4 = Rp1.748.500,00 per tahun atau sama dengan Rp 145.791,00 per bulan. 1. Perkiraan penjualan per bulan Asumsi per hari terjual 20 kotak kue × Rp. 25.000,00 × 30 hari = Rp. 15.000.000,00 Biaya-biaya: Peralatan Biaya Penyusutan peralatan Rp. 145.791,00 Bahan baku (Rp. 110.000,00 × 30 hari) Rp. 4.350.000,00 Bahan taburan (Rp.128.000,00 x 30 hari) Rp. 3.840.000,00 Upah pegawai (3 orang) Rp. 2.250.000,00 Sewa tempat Rp. 750.000,00 Promosi Rp. 300.000,00 Listrik, air, telepon dan gas Rp. 400.000,00 Jumlah Rp. 12.035.791,00 2. Prive Rp. 200.000,00 3. Laba bersih per bulan Penjualan – biaya-biaya – prive = laba bersih Rp. 15.000.000,00– Rp.12.035.791,00 – Rp. 200.000,00 = Rp. 2.764.209,00 4. Perkiraan modal kembali (Pay Back Periode) Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal kembali (bulan) Rp 7.000.000,00 ÷ Rp 2.764.209,00 = ± 2,5 bulan Jadi modal akan kembali sekitar 2,5 bulan. Penutup Kesimpulan Kesimpulan dengan berjalannya proses pembuatan kue ini dan sampai menghasilkan kue kering menjadikan bermacam –macam kue yang dapat di jual dan melakukan transaksi terhadap penjual dan pembeli. Hal ini tentu saja telah membuktikan bahwa berbisnis dapat kita lakukan atau kita produksi di mana saja dan dengan berbisnis seperti ini kita juga dapat membuka peluang usah bagi masyarakat untuk berwirausaha. Kritik dan saran dalam penyusunan proposal ini kami harapkan dari para pembaca. Penyusun banyak mengalami kendala, maka kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi memajukan perusahaan kue kering kami ini. Saran Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai beberapa saran, yaitu: Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan. Pandai berkomunikasi. Mempunyai etos kerja yang tinggi. Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain. Tidak mudah putus asa. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mengutamakan kepuasan pelanggan. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif. Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef

Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah dan Visi Misi Oreo Sprinkle Cake

Resep Oreo Sprinkle Cake

Manfaat Oreo Sprinkle Cake