Ringkasan Usaha Oreo sprinkle Cake
LATAR BELAKANG
Dalam
menjual sebuah bisnis hal yang perlu kita perhatikan secara seksama bahwa saat
kita memulai sebuah rintisan usaha maka peluang pasar dan cara menggaet
pelanggan atau penjual. Kita perlu ketahui juga dengan menyingkirkan adanya
rasa malu, takut menghadapi kegagalan serta munculnya perang batin. Maka dari
itu, kita perlu ingat dan jangan sampai terlupakan bahwa kita ini harus siap
menghadapi segala resiko yang akan terjadi, dimana resiko bisnis itu seperti
adanya keuntungan dan kerugian yang kita peroleh. Oleh karena itu, lebih baik
mencoba tetapi gagal dibandingkan kita gagal dalam mencoba.
Pada
konsep pemasaran ternyata ada banyak sekali bentuk beserta jenis keaneka
ragaman makanan yang kecil hingga yang besar. Tak ketinggalan pula dari sisi
harga yaitu mulai yang murah sampai yang mahal.
Salah
satu makanan yang cukup banyak dijual, sekaligus makanan ringan yang cukup
istimewa. Makanan itu bernama “OREO SPRINKLE CAKE”. Untuk membuat makanan ini sangatlah
sederhana dan pembuatannya dilakukan secara higenis serta akan dijual dengan
harga yang dapat dijangkau semua kalangan, tentunya hal ini akan bisa menarik
minat masyarakat. OREO SPRINKLE CAKE ini menyediakan beberapa aneka kreasi,
meskipun bentuknya mudah ditiru. Biasanya OREO SPRINKLE CAKE ini dapat disajikan
diacara tertentu maupun acara-acara lainnya. Rasanya yang akan membuat anda
ketagihan dan bentuknya yang selalu indah dipandang.
Kualitas OREO SPRINKLE CAKE akan lebih tahan lama tanpa bahan pengawet apapun, yang memiliki
rasa lezat, enak, nikmat dan bentuk kreasinya yang selalu memikat hati
pelanggan. Adanya beberapa potensi yang dibahas sebelumnya diatas, maka saya
ingin membuat makanan ringan, yaitu usaha makanan “OREO SPRINKLE CAKE ” untuk
dikembangkan menjadi usaha yang cukup besar sehingga masyarakat sekitar
senantiasa selalu mengingat makanan ini.
A. Visi
Menjadi
penerus generasi wirausaha mandiri serta berinteraktif dalam bidang bisnis.
B. Misi
Menjalankan
bisnis dengan menutamakan pelayanan dalam penjualan serta membangun usaha yang
luas untuk mengembangkan bisnis ini - Menigkatkan kualitas rasa dari kue browies ini sendiri
- Mengembangkan usaha ini menjadi berkembang dan mempunya cabang
- Membuat kreasi dan inovasi terbaru tidak hanya itu itu saja
- Menyesuaikan rasa dan selera untuk konsumen
- Memberi pelayanan yang memuaskan dan terbaik pada konsumen
- Memberikan harga yang sesuai dengan masyarakat dan terjangkau
D. Streigh (kekuatan)
Dari
usaha toko oreo sprinkle cake yg saya lakukan, memiliki beberapa kekuatan, yaitu:
-
mempunyai banyak aneka rasa yang enak
dan memiliki berbagai bentuk kreasi yang sangat unik, supaya anak-anak juga
suka untuk mengonsumsinya.
-
kualitasnya yang sangat terjangkau,
karena kami membuat kue kering ini dengan cara higenis agar tetap bersih .
-
kami juga menjual kue kering ini untuk
semua kalangan masyarakat.
-
harga yang kami berikan juga sangat
terjangkau dan bersahabat dengan masyarakat.
D. Wreakness (kelemahan)
Kelemahan-kelemahan
dari usaha kue kering kami, diantaranya:
-
kue kering yg kami buat tidak tahan
lama, kurang lebih 3 bulan saja sudah sedikit rusak atau menjamur, karena kami
tidak memakai bahan pengawet apapun.
-
kering kami juga mudah ditiru dan banyak
dijumpai berbagai pasar manapun, karena banyak juga yang membuat usaha oreo sprinkle cake.
-
kami belum mempunyai bentuk kreasi/rasa
terbaru, karena karyawan kami belum profesional atau masih tahap pembelajaran.
-
kue ini jika sudah terkena sinar
matahari yang sangat lama warnanya akan memudar, maka dari itu oreo sprinkle cake yg
kami buat tidak tahan terhadap sinar matahari.
-
jika harga bahan-bahan naik, otomatis
juga harga kue kering ini juga ikut naik.
Usaha
kue kering ini juga mempunya peluang, diantaranya:
-
menerima pesanan oreo sprinkle cake untuk
acara-acara tertentu misal arisan, acara keluarga, dll.
-
saat hari raya idul fitri pasti banyak
yg membutuhkan parsel untuk diberikan kepada saudaranya maupun temannya dengan
niat bersilahturahmi, maka dari itu kami menyediakan kue kering dengan berbagai
macam rasa dalam bentuk parsel.
-
kebiasaan orang-orang untuk mengonsumsi
kue kering maka kita tidak membuat pada hari raya idul fitri saja, tetapi juga
membuat pada hari-hari biasa.
F. Threat(ancaman)
Setiap
usaha memiliki berbagai ancaman, inilah ancaman saya:
-
banyaknya yang menjual produkoreo sprinkle cake
dengat harga yang sangat murah, supaya barangnya cepat laku.
-
munculnya kue kering yang berada
dipasaran dengan menggunakan bahan pengawet , agar ketahanan pada kue kering
lebih tahan lama lagi.
-
adanya pedagang-pedagang yang menjual kue
kering dengan cara berkeliling.
-
kejenuhan konsumen terhadap produk kami
karena kurang bervariasi lagi, maka dari itu produk oreo sprinkle cake butuh
variasi yg lebih baik lagi agar konsumen tertarik dengan produk kami.
H. Produk
v produk
merupakan barang yang dijual belikan kepada konsumen yang biasanya dikonsumsi ,
digunakan, ataupun dipakai.
v spesifikasi:
Ø bentuknya
bermacam-macam ada bentuk bunga,lonjong,persegi panjang,bulat,dll.
Ø komposisi
terdiri dari:keju,susu bubuk,mentega,dll.
Harga adalah nilai
suatu barang yang diukur dengan uang. Produk oreo sprinkle cake milik kami ini memang
harganya sangat terjangkau, berkualitas dan pas dikantong para konsumen yaitu Rp. 5.000,-
J. Place
Kami menyajikan dan
membuat oreo sprinkle cake secara langsung ditoko kami. Kami juga menitipkan oreo sprinkle cake
kami dibeberapa tempat seperti mall,toko oleh2, dll. Kue kering kamu sudah
sedikit tersebar dimana-mana dan lumayan dikenal oleh masyarakat.
K. Promotion
Promosi adalah suatu
tindakan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk kita kepada pasar sasaran.
http://agustianfebriyani124.blogspot.co.id/2016/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_7.html
LATAR BELAKANG Semakin
berkembangnya zaman dan teknologi dengan adanya kegiatan pasar bebas,
maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan dan skill
agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional.
Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena
kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian
tidak jarang kita temui perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan
kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak
pengangguran. Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa kue
kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya
dan acara-acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika
melihat sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering
itu sebagai usaha yang musiman.Selain itu juga kami menyiapkan aneka
parsel untuk acara-acara tertentu maupun saat hari raya, karena sifatnya
musiman maka usaha kue kering tidak dapat dijadikan sebagai sumber mata
pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya. Bukan rahasia lagi,
jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya besar. Tetapi
jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang usaha
yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat
dijalankan setiap hari. Dengan adanya kreativitas dari kita maka usaha
yang akan kita kembangkan tidak akan sia-sia dan akan terus maju
mengikuti perkembangan zaman. Hal ini kemudian memicu kami untuk melirik
suatu komunitas yang masih jarang dimasuki oleh para pengusaha, yaitu
komunitas aneka kue-kue dan parsel Perusahaan kami bergerak di bidang
perdagangan yang menjual aneka kue dan parsel Industri ini masih
berskala kecil dan hanya bersifat pengenalan kepada konsumen, sehingga
produkyang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan oleh
keadaan pasar yang tidak tetap dan cepat berubah sesuai dengan tren yang
juga cepat berubah. Namun dengan berjalannya proses usaha diharapkan
usaha ini dapat meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar produk
dengan mengutamakan mutu dalam produksinya. Sebagai manusia yang
berpikir dengan akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara
mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk
sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang
manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, kami yang merupakan
mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang
bergerak dibidang bisnis makanan yaitu bisnis aneka kue, yang kami
berinama kue kering spesial. TUJUAN Tujuan Kami Memiliki Jenis Usaha ini
Yaitu : 1. Membuka lapangan pekerjaan. 2. Mencari keuntungan atau laba.
3. Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup
terkenal. 4. Mencapai target penjualan. 5. Berguna merencanakan
pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi
sekaligus penjualan makanan (kue kering) dan aneka bentuk parsel. URAIAN
BENTUK, JENIS USAHA, DAN PENDIRIAN USAHA Bentuk usaha ini adalah
persekutuan, karena dari segi formalitas dan batasan hukum yang dimiliki
adalah kecil. Pengambilan keputusan dibuat berdasarkan kesepakatan para
pemilik modal. Laba sepenuhnya menjadi hak pemilik yang berdasarkan
kesepakatan para pemilik modal yang sesuai pada saat pendirian
perusahaan. Pertimbangan lain dalam memilih usaha ini adalah karena
modal didapat cenderung lebih besar daripada perusahaan perseorangan,
tetapi kami merasa masih belum perlu mencari pinjaman dalam pengadaan
modal. Apabila usaha sudah besar maka tidak menutup kemungkinan untuk
memperluas bentuk usaha. Pendirian usaha ini adalah merintis usaha baru
jadi bukan dengan cara membeli perusahaan, dan juga bukan kerja sama
manajemen (franchising). NAMA USAHA Usaha kue kering yang akan kami
didirikan diberi nama “KUE KERING SPECIAL”. STRUKTUR ORGANISASI Struktur
organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan
tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan keterkaitan
antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi
tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur
seluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut. Pengaturan ini
dihubungkan dengan pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan
sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam
bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan
dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat
diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga
tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai. Struktur organisasi
mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan
oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya setiap perusahaan ataupun suatu
usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan
dan jenis perusahaan ataupun suatu usaha tersebut. Struktur perusahaan
yang baik adalah struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat
kerja sama tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit.
Sehingga struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi
kelemahan dari setiap bagian atau individu. Adapun struktur organisasi
dari usaha "KUE KERING SPECIAL" ini adalah: Gambar 1. Struktur
Organisasi Usaha kue kering special Struktur organisasi dari perusahaan
ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun
perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai
berikut: Pemimpin bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek
tugas-tugas tiap tim. Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha kue
kering. Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam
kue,karakteristik dan permintaan konsumen. Tim Pemasaran bertugas untuk
menangani aktivitas penjualan dan pemasaran. Tim produksi bertugas untuk
memproduksi produk kue Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama
sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada
penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga
struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan.
RENCANA LOKASI USAHA Usaha kue kering ini adalah usaha yang paling mudah
untuk dikembangkan. Karena banyaknya peminat kue kering ini dan parsel .
Dan kue ini juga termasuk jenis makanan yang mudah diterima diberbagai
kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dan para orang tua.
Alasan kami memilih bisnis ini dikarenakan jenis makanan kue kering
banyak disukai kalangan masyarakat. Bukan hanya itu bahan-bahan untuk
membuat kue kering ini pun sangat mudah untuk diperoleh. Proses
pembuatan kue kering ini sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak
begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga
modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk proses produksi
tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya diberbagai tempat.
seperti dikantin-kantin kantor, di berbagai sekolah, dikampus, di
supermarket atau bahkan lewat online. TARGET PELANGGAN Target pelanggan
Kue Kering Spesial yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari
tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah
ke atas. Anak-anak ,anak muda , ibu rumah tangga dan semua kalangan.
ANALISA PEMASARAN PRODUK Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah:
Jangka Pendek 1. Produk kue kering ini lebih dikenal oleh masyarakat
umum 2. Produk kue kering ini bisa didapatkan di toko-toko kue, swalayan
atau bahkan supermarket 3. Mempunyai varian rasa baru 4. Adanya bonus
dengan minimum pembelian Rp.100.000 dan dibuatkan parsel Jangka Menengah
1. Pemasaran bisa dilakukan secara delivery order 2. Pembelian diatas
Rp.250.000 free delivery order 3. Free member card untuk pembelian di
atas Rp.200.000 dan dibuatkan bentuk parsel 4. Pemasaran melalui toko
on-online Jangka Panjang 1. Membuka outlet atau gerai resmi 2.
Memperluas produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah Cara
Memasarkan Usaha ini terbilang booming di pasaran karena penjualannya
yang cukup laris. Karena kue yang dijual sesuai dengan selera pasar dan
harganya pun terjangkau di kalangan masyarakat. Sehingga para pembeli
pun banyak berminat untuk membeli kue ini. Kue ini terbuat dari
bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikit pun dan juga tanpa
di beri bahan pengawet. Rasa khas yang melekat pada kue ini serta harga
yang ekonomis membuat kue kering ini semakin banyak diminati oleh
berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua. Selain rasanya yang
enak dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat
memesan kue ini. Penjual juga menaruh alamat dan juga nomor telepon,
sehingga bagi yang ingin memesan dapat langsung menghubungi rumah
produksi kue tersebut. Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara
memberikan bonus kepada para pembeli yang membeli di atas harga Rp.
100.000 akan di buatkan bentuk parsel “gratis”. Karena sudah banyaknya
peminat untuk membeli kue, maka dibukalah outlet resmi dan took on-line
untuk mempermudah para peminat untuk memesan kue ini. Apalagi jaman
sekarang ini, orang-orang hanya ingin cara yang simple untuk melakukan
pemesanan makanan untuk melengkapi makanan di acaranya. Hanya tinggal
datang atau menelfon bahkan bisa pesan lewat toko on-line kuepun siap
untuk di antar ke alamat tempat tujuan. Bisnis kue ini bisa dikatakan
cukup berkembang dengan cepat di kalangan masyarakat. Adapun cara
pemasarannya, yaitu: a. Dipasarkan lewat kantin sekolah b. Dipasarkan
lewat kantin kantor c. Dipasarkan di supermarket d. Dipasarkan secara
on-line e. Toko kue f. Menerima delivery order dengan minimum pembelian
Kendala 1. Munculnya usaha yang sama pasca usaha ini. 2. Modal yang
selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi
pemerintah, menyebabkan harga berubah. 3. Perubahan selera konsumen. 4.
Pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya
selalu berganti. 5. Keadaan alam yang tidak dapat diperkirakan. 6. Harga
bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat
tidak tetap. Produksi Kue Kering Didalam proses pembuatannya kue kering
keadaan atau tempat produksi haruslah bersih dan higenis. Agar pembuatan
kue tidak terhambat dengan keadaan setempat. Selain itu tempat juga
menjadi cerminan dalam pembuatan kue kering, karena jika tempat
pembuatan kue tidak bersih otomatis kue yang dibuat terkena kotoran dan
mudah terjangkit penyakit. Dan semua ini akan dapat mengurangi rasa dari
kue tersebut. Maka dari itu tempat produksinya harus bersih dan terjaga
dari kotoran. Dan kue-kue basah dan kering yang dihasilkan pun dapat
masak dengan benar dan jauh dari asumsi negatif dari tempat yang tidak
bersih. Analisis Bisnis Biaya Produksi 1. Modal Awal · Bahan Baku : Nama
Bahan Biaya 1. Terigu 4 Kg Rp. 40.000,00 2. Telur 2 Kg Rp. 32.000,00 3.
Gula tepung 2 Kg Rp. 30.000,00 4. Air Rp. – 5. Garam Rp. 5.000,00 6.
Vanili Rp. 6.000,00 7. Blue band Rp. 10.000,00 8. Baking Powder Rp.
6.500,00 9. Tepung Maizena Rp. 5.500,00 Jumlah Rp. 145.000,00 · · ·
Bahan Taburan : Nama Bahan Biaya 1. Kacang tanah ½ Kg Rp. 8.000,00 2.
Coklat Rp. 30.000,00 3. Keju Rp. 35.000,00 4. Susu kental manis Rp.
15.000,00 5. Kacang Mete 1 kg Rp. 40.000,00 Jumlah Rp. 128.000,00 ·
Peralatan Alat Produksi Nama Alat Jumlah Biaya 1. Mixer atau alat
pengaduk manual 2 Rp. 500.000,00 2. Tempat untuk mengaduk adonan 5 Rp.
70.000,00 3. Peralatan Masak Rp. 2.000.000,00 4. Timbangan kue 2 Rp.
250.000,00 5. Gelas ukur 2 Rp. 30.000,00 6. Loyang 5 Rp. 350000 7. Oven
manual atau microwave 2 Rp. 800.000,00 8. Toples plastic 600 Rp.
1.500,000,00 9. Peralatan Parsel Rp. 500.000,00 10. Lain-lain Rp.
1.000.000,00 Jumlah Rp. 7.000.000,00 Peralatan yang mengalami penyusutan
selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp2.000,00 dengan
menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun =
(Rp7.000.000,00 – Rp2.000,00)/4 = Rp1.748.500,00 per tahun atau sama
dengan Rp 145.791,00 per bulan. 1. Perkiraan penjualan per bulan Asumsi
per hari terjual 20 kotak kue × Rp. 25.000,00 × 30 hari = Rp.
15.000.000,00 Biaya-biaya: Peralatan Biaya Penyusutan peralatan Rp.
145.791,00 Bahan baku (Rp. 110.000,00 × 30 hari) Rp. 4.350.000,00 Bahan
taburan (Rp.128.000,00 x 30 hari) Rp. 3.840.000,00 Upah pegawai (3
orang) Rp. 2.250.000,00 Sewa tempat Rp. 750.000,00 Promosi Rp.
300.000,00 Listrik, air, telepon dan gas Rp. 400.000,00 Jumlah Rp.
12.035.791,00 2. Prive Rp. 200.000,00 3. Laba bersih per bulan Penjualan
– biaya-biaya – prive = laba bersih Rp. 15.000.000,00– Rp.12.035.791,00
– Rp. 200.000,00 = Rp. 2.764.209,00 4. Perkiraan modal kembali (Pay
Back Periode) Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal
kembali (bulan) Rp 7.000.000,00 ÷ Rp 2.764.209,00 = ± 2,5 bulan Jadi
modal akan kembali sekitar 2,5 bulan. Penutup Kesimpulan Kesimpulan
dengan berjalannya proses pembuatan kue ini dan sampai menghasilkan kue
kering menjadikan bermacam –macam kue yang dapat di jual dan melakukan
transaksi terhadap penjual dan pembeli. Hal ini tentu saja telah
membuktikan bahwa berbisnis dapat kita lakukan atau kita produksi di
mana saja dan dengan berbisnis seperti ini kita juga dapat membuka
peluang usah bagi masyarakat untuk berwirausaha. Kritik dan saran dalam
penyusunan proposal ini kami harapkan dari para pembaca. Penyusun banyak
mengalami kendala, maka kami sangat mengharapkan adanya kritik dan
saran demi memajukan perusahaan kue kering kami ini. Saran Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai
beberapa saran, yaitu: Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
Pandai berkomunikasi. Mempunyai etos kerja yang tinggi. Mau
mendengarkan kritik dan saran dari orang lain. Tidak mudah putus asa.
Mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mengutamakan kepuasan
pelanggan. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif.
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215:
https://goo.gl/efW8Ef
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
LATAR BELAKANG Semakin
berkembangnya zaman dan teknologi dengan adanya kegiatan pasar bebas,
maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan dan skill
agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional.
Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena
kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian
tidak jarang kita temui perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan
kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak
pengangguran. Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa kue
kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya
dan acara-acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika
melihat sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering
itu sebagai usaha yang musiman.Selain itu juga kami menyiapkan aneka
parsel untuk acara-acara tertentu maupun saat hari raya, karena sifatnya
musiman maka usaha kue kering tidak dapat dijadikan sebagai sumber mata
pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya. Bukan rahasia lagi,
jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya besar. Tetapi
jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang usaha
yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat
dijalankan setiap hari. Dengan adanya kreativitas dari kita maka usaha
yang akan kita kembangkan tidak akan sia-sia dan akan terus maju
mengikuti perkembangan zaman. Hal ini kemudian memicu kami untuk melirik
suatu komunitas yang masih jarang dimasuki oleh para pengusaha, yaitu
komunitas aneka kue-kue dan parsel Perusahaan kami bergerak di bidang
perdagangan yang menjual aneka kue dan parsel Industri ini masih
berskala kecil dan hanya bersifat pengenalan kepada konsumen, sehingga
produkyang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan oleh
keadaan pasar yang tidak tetap dan cepat berubah sesuai dengan tren yang
juga cepat berubah. Namun dengan berjalannya proses usaha diharapkan
usaha ini dapat meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar produk
dengan mengutamakan mutu dalam produksinya. Sebagai manusia yang
berpikir dengan akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara
mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk
sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang
manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, kami yang merupakan
mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang
bergerak dibidang bisnis makanan yaitu bisnis aneka kue, yang kami
berinama kue kering spesial. TUJUAN Tujuan Kami Memiliki Jenis Usaha ini
Yaitu : 1. Membuka lapangan pekerjaan. 2. Mencari keuntungan atau laba.
3. Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup
terkenal. 4. Mencapai target penjualan. 5. Berguna merencanakan
pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi
sekaligus penjualan makanan (kue kering) dan aneka bentuk parsel. URAIAN
BENTUK, JENIS USAHA, DAN PENDIRIAN USAHA Bentuk usaha ini adalah
persekutuan, karena dari segi formalitas dan batasan hukum yang dimiliki
adalah kecil. Pengambilan keputusan dibuat berdasarkan kesepakatan para
pemilik modal. Laba sepenuhnya menjadi hak pemilik yang berdasarkan
kesepakatan para pemilik modal yang sesuai pada saat pendirian
perusahaan. Pertimbangan lain dalam memilih usaha ini adalah karena
modal didapat cenderung lebih besar daripada perusahaan perseorangan,
tetapi kami merasa masih belum perlu mencari pinjaman dalam pengadaan
modal. Apabila usaha sudah besar maka tidak menutup kemungkinan untuk
memperluas bentuk usaha. Pendirian usaha ini adalah merintis usaha baru
jadi bukan dengan cara membeli perusahaan, dan juga bukan kerja sama
manajemen (franchising). NAMA USAHA Usaha kue kering yang akan kami
didirikan diberi nama “KUE KERING SPECIAL”. STRUKTUR ORGANISASI Struktur
organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan
tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan keterkaitan
antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi
tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur
seluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut. Pengaturan ini
dihubungkan dengan pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan
sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam
bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan
dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat
diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga
tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai. Struktur organisasi
mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan
oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya setiap perusahaan ataupun suatu
usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan
dan jenis perusahaan ataupun suatu usaha tersebut. Struktur perusahaan
yang baik adalah struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat
kerja sama tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit.
Sehingga struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi
kelemahan dari setiap bagian atau individu. Adapun struktur organisasi
dari usaha "KUE KERING SPECIAL" ini adalah: Gambar 1. Struktur
Organisasi Usaha kue kering special Struktur organisasi dari perusahaan
ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun
perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai
berikut: Pemimpin bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek
tugas-tugas tiap tim. Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha kue
kering. Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam
kue,karakteristik dan permintaan konsumen. Tim Pemasaran bertugas untuk
menangani aktivitas penjualan dan pemasaran. Tim produksi bertugas untuk
memproduksi produk kue Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama
sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada
penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga
struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan.
RENCANA LOKASI USAHA Usaha kue kering ini adalah usaha yang paling mudah
untuk dikembangkan. Karena banyaknya peminat kue kering ini dan parsel .
Dan kue ini juga termasuk jenis makanan yang mudah diterima diberbagai
kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dan para orang tua.
Alasan kami memilih bisnis ini dikarenakan jenis makanan kue kering
banyak disukai kalangan masyarakat. Bukan hanya itu bahan-bahan untuk
membuat kue kering ini pun sangat mudah untuk diperoleh. Proses
pembuatan kue kering ini sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak
begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga
modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk proses produksi
tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya diberbagai tempat.
seperti dikantin-kantin kantor, di berbagai sekolah, dikampus, di
supermarket atau bahkan lewat online. TARGET PELANGGAN Target pelanggan
Kue Kering Spesial yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari
tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah
ke atas. Anak-anak ,anak muda , ibu rumah tangga dan semua kalangan.
ANALISA PEMASARAN PRODUK Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah:
Jangka Pendek 1. Produk kue kering ini lebih dikenal oleh masyarakat
umum 2. Produk kue kering ini bisa didapatkan di toko-toko kue, swalayan
atau bahkan supermarket 3. Mempunyai varian rasa baru 4. Adanya bonus
dengan minimum pembelian Rp.100.000 dan dibuatkan parsel Jangka Menengah
1. Pemasaran bisa dilakukan secara delivery order 2. Pembelian diatas
Rp.250.000 free delivery order 3. Free member card untuk pembelian di
atas Rp.200.000 dan dibuatkan bentuk parsel 4. Pemasaran melalui toko
on-online Jangka Panjang 1. Membuka outlet atau gerai resmi 2.
Memperluas produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah Cara
Memasarkan Usaha ini terbilang booming di pasaran karena penjualannya
yang cukup laris. Karena kue yang dijual sesuai dengan selera pasar dan
harganya pun terjangkau di kalangan masyarakat. Sehingga para pembeli
pun banyak berminat untuk membeli kue ini. Kue ini terbuat dari
bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikit pun dan juga tanpa
di beri bahan pengawet. Rasa khas yang melekat pada kue ini serta harga
yang ekonomis membuat kue kering ini semakin banyak diminati oleh
berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua. Selain rasanya yang
enak dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat
memesan kue ini. Penjual juga menaruh alamat dan juga nomor telepon,
sehingga bagi yang ingin memesan dapat langsung menghubungi rumah
produksi kue tersebut. Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara
memberikan bonus kepada para pembeli yang membeli di atas harga Rp.
100.000 akan di buatkan bentuk parsel “gratis”. Karena sudah banyaknya
peminat untuk membeli kue, maka dibukalah outlet resmi dan took on-line
untuk mempermudah para peminat untuk memesan kue ini. Apalagi jaman
sekarang ini, orang-orang hanya ingin cara yang simple untuk melakukan
pemesanan makanan untuk melengkapi makanan di acaranya. Hanya tinggal
datang atau menelfon bahkan bisa pesan lewat toko on-line kuepun siap
untuk di antar ke alamat tempat tujuan. Bisnis kue ini bisa dikatakan
cukup berkembang dengan cepat di kalangan masyarakat. Adapun cara
pemasarannya, yaitu: a. Dipasarkan lewat kantin sekolah b. Dipasarkan
lewat kantin kantor c. Dipasarkan di supermarket d. Dipasarkan secara
on-line e. Toko kue f. Menerima delivery order dengan minimum pembelian
Kendala 1. Munculnya usaha yang sama pasca usaha ini. 2. Modal yang
selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi
pemerintah, menyebabkan harga berubah. 3. Perubahan selera konsumen. 4.
Pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya
selalu berganti. 5. Keadaan alam yang tidak dapat diperkirakan. 6. Harga
bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat
tidak tetap. Produksi Kue Kering Didalam proses pembuatannya kue kering
keadaan atau tempat produksi haruslah bersih dan higenis. Agar pembuatan
kue tidak terhambat dengan keadaan setempat. Selain itu tempat juga
menjadi cerminan dalam pembuatan kue kering, karena jika tempat
pembuatan kue tidak bersih otomatis kue yang dibuat terkena kotoran dan
mudah terjangkit penyakit. Dan semua ini akan dapat mengurangi rasa dari
kue tersebut. Maka dari itu tempat produksinya harus bersih dan terjaga
dari kotoran. Dan kue-kue basah dan kering yang dihasilkan pun dapat
masak dengan benar dan jauh dari asumsi negatif dari tempat yang tidak
bersih. Analisis Bisnis Biaya Produksi 1. Modal Awal · Bahan Baku : Nama
Bahan Biaya 1. Terigu 4 Kg Rp. 40.000,00 2. Telur 2 Kg Rp. 32.000,00 3.
Gula tepung 2 Kg Rp. 30.000,00 4. Air Rp. – 5. Garam Rp. 5.000,00 6.
Vanili Rp. 6.000,00 7. Blue band Rp. 10.000,00 8. Baking Powder Rp.
6.500,00 9. Tepung Maizena Rp. 5.500,00 Jumlah Rp. 145.000,00 · · ·
Bahan Taburan : Nama Bahan Biaya 1. Kacang tanah ½ Kg Rp. 8.000,00 2.
Coklat Rp. 30.000,00 3. Keju Rp. 35.000,00 4. Susu kental manis Rp.
15.000,00 5. Kacang Mete 1 kg Rp. 40.000,00 Jumlah Rp. 128.000,00 ·
Peralatan Alat Produksi Nama Alat Jumlah Biaya 1. Mixer atau alat
pengaduk manual 2 Rp. 500.000,00 2. Tempat untuk mengaduk adonan 5 Rp.
70.000,00 3. Peralatan Masak Rp. 2.000.000,00 4. Timbangan kue 2 Rp.
250.000,00 5. Gelas ukur 2 Rp. 30.000,00 6. Loyang 5 Rp. 350000 7. Oven
manual atau microwave 2 Rp. 800.000,00 8. Toples plastic 600 Rp.
1.500,000,00 9. Peralatan Parsel Rp. 500.000,00 10. Lain-lain Rp.
1.000.000,00 Jumlah Rp. 7.000.000,00 Peralatan yang mengalami penyusutan
selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp2.000,00 dengan
menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun =
(Rp7.000.000,00 – Rp2.000,00)/4 = Rp1.748.500,00 per tahun atau sama
dengan Rp 145.791,00 per bulan. 1. Perkiraan penjualan per bulan Asumsi
per hari terjual 20 kotak kue × Rp. 25.000,00 × 30 hari = Rp.
15.000.000,00 Biaya-biaya: Peralatan Biaya Penyusutan peralatan Rp.
145.791,00 Bahan baku (Rp. 110.000,00 × 30 hari) Rp. 4.350.000,00 Bahan
taburan (Rp.128.000,00 x 30 hari) Rp. 3.840.000,00 Upah pegawai (3
orang) Rp. 2.250.000,00 Sewa tempat Rp. 750.000,00 Promosi Rp.
300.000,00 Listrik, air, telepon dan gas Rp. 400.000,00 Jumlah Rp.
12.035.791,00 2. Prive Rp. 200.000,00 3. Laba bersih per bulan Penjualan
– biaya-biaya – prive = laba bersih Rp. 15.000.000,00– Rp.12.035.791,00
– Rp. 200.000,00 = Rp. 2.764.209,00 4. Perkiraan modal kembali (Pay
Back Periode) Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal
kembali (bulan) Rp 7.000.000,00 ÷ Rp 2.764.209,00 = ± 2,5 bulan Jadi
modal akan kembali sekitar 2,5 bulan. Penutup Kesimpulan Kesimpulan
dengan berjalannya proses pembuatan kue ini dan sampai menghasilkan kue
kering menjadikan bermacam –macam kue yang dapat di jual dan melakukan
transaksi terhadap penjual dan pembeli. Hal ini tentu saja telah
membuktikan bahwa berbisnis dapat kita lakukan atau kita produksi di
mana saja dan dengan berbisnis seperti ini kita juga dapat membuka
peluang usah bagi masyarakat untuk berwirausaha. Kritik dan saran dalam
penyusunan proposal ini kami harapkan dari para pembaca. Penyusun banyak
mengalami kendala, maka kami sangat mengharapkan adanya kritik dan
saran demi memajukan perusahaan kue kering kami ini. Saran Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai
beberapa saran, yaitu: Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
Pandai berkomunikasi. Mempunyai etos kerja yang tinggi. Mau
mendengarkan kritik dan saran dari orang lain. Tidak mudah putus asa.
Mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mengutamakan kepuasan
pelanggan. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif.
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215:
https://goo.gl/efW8Ef
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
LATAR BELAKANG Semakin
berkembangnya zaman dan teknologi dengan adanya kegiatan pasar bebas,
maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan dan skill
agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional.
Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena
kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian
tidak jarang kita temui perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan
kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak
pengangguran. Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa kue
kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya
dan acara-acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika
melihat sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering
itu sebagai usaha yang musiman.Selain itu juga kami menyiapkan aneka
parsel untuk acara-acara tertentu maupun saat hari raya, karena sifatnya
musiman maka usaha kue kering tidak dapat dijadikan sebagai sumber mata
pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya. Bukan rahasia lagi,
jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya besar. Tetapi
jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang usaha
yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat
dijalankan setiap hari. Dengan adanya kreativitas dari kita maka usaha
yang akan kita kembangkan tidak akan sia-sia dan akan terus maju
mengikuti perkembangan zaman. Hal ini kemudian memicu kami untuk melirik
suatu komunitas yang masih jarang dimasuki oleh para pengusaha, yaitu
komunitas aneka kue-kue dan parsel Perusahaan kami bergerak di bidang
perdagangan yang menjual aneka kue dan parsel Industri ini masih
berskala kecil dan hanya bersifat pengenalan kepada konsumen, sehingga
produkyang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan oleh
keadaan pasar yang tidak tetap dan cepat berubah sesuai dengan tren yang
juga cepat berubah. Namun dengan berjalannya proses usaha diharapkan
usaha ini dapat meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar produk
dengan mengutamakan mutu dalam produksinya. Sebagai manusia yang
berpikir dengan akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara
mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk
sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang
manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, kami yang merupakan
mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang
bergerak dibidang bisnis makanan yaitu bisnis aneka kue, yang kami
berinama kue kering spesial. TUJUAN Tujuan Kami Memiliki Jenis Usaha ini
Yaitu : 1. Membuka lapangan pekerjaan. 2. Mencari keuntungan atau laba.
3. Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup
terkenal. 4. Mencapai target penjualan. 5. Berguna merencanakan
pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi
sekaligus penjualan makanan (kue kering) dan aneka bentuk parsel. URAIAN
BENTUK, JENIS USAHA, DAN PENDIRIAN USAHA Bentuk usaha ini adalah
persekutuan, karena dari segi formalitas dan batasan hukum yang dimiliki
adalah kecil. Pengambilan keputusan dibuat berdasarkan kesepakatan para
pemilik modal. Laba sepenuhnya menjadi hak pemilik yang berdasarkan
kesepakatan para pemilik modal yang sesuai pada saat pendirian
perusahaan. Pertimbangan lain dalam memilih usaha ini adalah karena
modal didapat cenderung lebih besar daripada perusahaan perseorangan,
tetapi kami merasa masih belum perlu mencari pinjaman dalam pengadaan
modal. Apabila usaha sudah besar maka tidak menutup kemungkinan untuk
memperluas bentuk usaha. Pendirian usaha ini adalah merintis usaha baru
jadi bukan dengan cara membeli perusahaan, dan juga bukan kerja sama
manajemen (franchising). NAMA USAHA Usaha kue kering yang akan kami
didirikan diberi nama “KUE KERING SPECIAL”. STRUKTUR ORGANISASI Struktur
organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan
tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan keterkaitan
antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi
tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur
seluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut. Pengaturan ini
dihubungkan dengan pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan
sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam
bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan
dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat
diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga
tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai. Struktur organisasi
mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan
oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya setiap perusahaan ataupun suatu
usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan
dan jenis perusahaan ataupun suatu usaha tersebut. Struktur perusahaan
yang baik adalah struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat
kerja sama tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit.
Sehingga struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi
kelemahan dari setiap bagian atau individu. Adapun struktur organisasi
dari usaha "KUE KERING SPECIAL" ini adalah: Gambar 1. Struktur
Organisasi Usaha kue kering special Struktur organisasi dari perusahaan
ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun
perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai
berikut: Pemimpin bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek
tugas-tugas tiap tim. Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha kue
kering. Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam
kue,karakteristik dan permintaan konsumen. Tim Pemasaran bertugas untuk
menangani aktivitas penjualan dan pemasaran. Tim produksi bertugas untuk
memproduksi produk kue Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama
sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada
penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga
struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan.
RENCANA LOKASI USAHA Usaha kue kering ini adalah usaha yang paling mudah
untuk dikembangkan. Karena banyaknya peminat kue kering ini dan parsel .
Dan kue ini juga termasuk jenis makanan yang mudah diterima diberbagai
kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dan para orang tua.
Alasan kami memilih bisnis ini dikarenakan jenis makanan kue kering
banyak disukai kalangan masyarakat. Bukan hanya itu bahan-bahan untuk
membuat kue kering ini pun sangat mudah untuk diperoleh. Proses
pembuatan kue kering ini sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak
begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga
modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk proses produksi
tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya diberbagai tempat.
seperti dikantin-kantin kantor, di berbagai sekolah, dikampus, di
supermarket atau bahkan lewat online. TARGET PELANGGAN Target pelanggan
Kue Kering Spesial yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari
tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah
ke atas. Anak-anak ,anak muda , ibu rumah tangga dan semua kalangan.
ANALISA PEMASARAN PRODUK Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah:
Jangka Pendek 1. Produk kue kering ini lebih dikenal oleh masyarakat
umum 2. Produk kue kering ini bisa didapatkan di toko-toko kue, swalayan
atau bahkan supermarket 3. Mempunyai varian rasa baru 4. Adanya bonus
dengan minimum pembelian Rp.100.000 dan dibuatkan parsel Jangka Menengah
1. Pemasaran bisa dilakukan secara delivery order 2. Pembelian diatas
Rp.250.000 free delivery order 3. Free member card untuk pembelian di
atas Rp.200.000 dan dibuatkan bentuk parsel 4. Pemasaran melalui toko
on-online Jangka Panjang 1. Membuka outlet atau gerai resmi 2.
Memperluas produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah Cara
Memasarkan Usaha ini terbilang booming di pasaran karena penjualannya
yang cukup laris. Karena kue yang dijual sesuai dengan selera pasar dan
harganya pun terjangkau di kalangan masyarakat. Sehingga para pembeli
pun banyak berminat untuk membeli kue ini. Kue ini terbuat dari
bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikit pun dan juga tanpa
di beri bahan pengawet. Rasa khas yang melekat pada kue ini serta harga
yang ekonomis membuat kue kering ini semakin banyak diminati oleh
berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua. Selain rasanya yang
enak dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat
memesan kue ini. Penjual juga menaruh alamat dan juga nomor telepon,
sehingga bagi yang ingin memesan dapat langsung menghubungi rumah
produksi kue tersebut. Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara
memberikan bonus kepada para pembeli yang membeli di atas harga Rp.
100.000 akan di buatkan bentuk parsel “gratis”. Karena sudah banyaknya
peminat untuk membeli kue, maka dibukalah outlet resmi dan took on-line
untuk mempermudah para peminat untuk memesan kue ini. Apalagi jaman
sekarang ini, orang-orang hanya ingin cara yang simple untuk melakukan
pemesanan makanan untuk melengkapi makanan di acaranya. Hanya tinggal
datang atau menelfon bahkan bisa pesan lewat toko on-line kuepun siap
untuk di antar ke alamat tempat tujuan. Bisnis kue ini bisa dikatakan
cukup berkembang dengan cepat di kalangan masyarakat. Adapun cara
pemasarannya, yaitu: a. Dipasarkan lewat kantin sekolah b. Dipasarkan
lewat kantin kantor c. Dipasarkan di supermarket d. Dipasarkan secara
on-line e. Toko kue f. Menerima delivery order dengan minimum pembelian
Kendala 1. Munculnya usaha yang sama pasca usaha ini. 2. Modal yang
selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi
pemerintah, menyebabkan harga berubah. 3. Perubahan selera konsumen. 4.
Pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya
selalu berganti. 5. Keadaan alam yang tidak dapat diperkirakan. 6. Harga
bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat
tidak tetap. Produksi Kue Kering Didalam proses pembuatannya kue kering
keadaan atau tempat produksi haruslah bersih dan higenis. Agar pembuatan
kue tidak terhambat dengan keadaan setempat. Selain itu tempat juga
menjadi cerminan dalam pembuatan kue kering, karena jika tempat
pembuatan kue tidak bersih otomatis kue yang dibuat terkena kotoran dan
mudah terjangkit penyakit. Dan semua ini akan dapat mengurangi rasa dari
kue tersebut. Maka dari itu tempat produksinya harus bersih dan terjaga
dari kotoran. Dan kue-kue basah dan kering yang dihasilkan pun dapat
masak dengan benar dan jauh dari asumsi negatif dari tempat yang tidak
bersih. Analisis Bisnis Biaya Produksi 1. Modal Awal · Bahan Baku : Nama
Bahan Biaya 1. Terigu 4 Kg Rp. 40.000,00 2. Telur 2 Kg Rp. 32.000,00 3.
Gula tepung 2 Kg Rp. 30.000,00 4. Air Rp. – 5. Garam Rp. 5.000,00 6.
Vanili Rp. 6.000,00 7. Blue band Rp. 10.000,00 8. Baking Powder Rp.
6.500,00 9. Tepung Maizena Rp. 5.500,00 Jumlah Rp. 145.000,00 · · ·
Bahan Taburan : Nama Bahan Biaya 1. Kacang tanah ½ Kg Rp. 8.000,00 2.
Coklat Rp. 30.000,00 3. Keju Rp. 35.000,00 4. Susu kental manis Rp.
15.000,00 5. Kacang Mete 1 kg Rp. 40.000,00 Jumlah Rp. 128.000,00 ·
Peralatan Alat Produksi Nama Alat Jumlah Biaya 1. Mixer atau alat
pengaduk manual 2 Rp. 500.000,00 2. Tempat untuk mengaduk adonan 5 Rp.
70.000,00 3. Peralatan Masak Rp. 2.000.000,00 4. Timbangan kue 2 Rp.
250.000,00 5. Gelas ukur 2 Rp. 30.000,00 6. Loyang 5 Rp. 350000 7. Oven
manual atau microwave 2 Rp. 800.000,00 8. Toples plastic 600 Rp.
1.500,000,00 9. Peralatan Parsel Rp. 500.000,00 10. Lain-lain Rp.
1.000.000,00 Jumlah Rp. 7.000.000,00 Peralatan yang mengalami penyusutan
selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp2.000,00 dengan
menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun =
(Rp7.000.000,00 – Rp2.000,00)/4 = Rp1.748.500,00 per tahun atau sama
dengan Rp 145.791,00 per bulan. 1. Perkiraan penjualan per bulan Asumsi
per hari terjual 20 kotak kue × Rp. 25.000,00 × 30 hari = Rp.
15.000.000,00 Biaya-biaya: Peralatan Biaya Penyusutan peralatan Rp.
145.791,00 Bahan baku (Rp. 110.000,00 × 30 hari) Rp. 4.350.000,00 Bahan
taburan (Rp.128.000,00 x 30 hari) Rp. 3.840.000,00 Upah pegawai (3
orang) Rp. 2.250.000,00 Sewa tempat Rp. 750.000,00 Promosi Rp.
300.000,00 Listrik, air, telepon dan gas Rp. 400.000,00 Jumlah Rp.
12.035.791,00 2. Prive Rp. 200.000,00 3. Laba bersih per bulan Penjualan
– biaya-biaya – prive = laba bersih Rp. 15.000.000,00– Rp.12.035.791,00
– Rp. 200.000,00 = Rp. 2.764.209,00 4. Perkiraan modal kembali (Pay
Back Periode) Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal
kembali (bulan) Rp 7.000.000,00 ÷ Rp 2.764.209,00 = ± 2,5 bulan Jadi
modal akan kembali sekitar 2,5 bulan. Penutup Kesimpulan Kesimpulan
dengan berjalannya proses pembuatan kue ini dan sampai menghasilkan kue
kering menjadikan bermacam –macam kue yang dapat di jual dan melakukan
transaksi terhadap penjual dan pembeli. Hal ini tentu saja telah
membuktikan bahwa berbisnis dapat kita lakukan atau kita produksi di
mana saja dan dengan berbisnis seperti ini kita juga dapat membuka
peluang usah bagi masyarakat untuk berwirausaha. Kritik dan saran dalam
penyusunan proposal ini kami harapkan dari para pembaca. Penyusun banyak
mengalami kendala, maka kami sangat mengharapkan adanya kritik dan
saran demi memajukan perusahaan kue kering kami ini. Saran Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai
beberapa saran, yaitu: Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
Pandai berkomunikasi. Mempunyai etos kerja yang tinggi. Mau
mendengarkan kritik dan saran dari orang lain. Tidak mudah putus asa.
Mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mengutamakan kepuasan
pelanggan. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif.
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215:
https://goo.gl/efW8Ef
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
LATAR BELAKANG Semakin
berkembangnya zaman dan teknologi dengan adanya kegiatan pasar bebas,
maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan dan skill
agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional.
Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena
kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian
tidak jarang kita temui perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan
kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak
pengangguran. Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa kue
kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya
dan acara-acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika
melihat sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering
itu sebagai usaha yang musiman.Selain itu juga kami menyiapkan aneka
parsel untuk acara-acara tertentu maupun saat hari raya, karena sifatnya
musiman maka usaha kue kering tidak dapat dijadikan sebagai sumber mata
pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya. Bukan rahasia lagi,
jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya besar. Tetapi
jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang usaha
yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat
dijalankan setiap hari. Dengan adanya kreativitas dari kita maka usaha
yang akan kita kembangkan tidak akan sia-sia dan akan terus maju
mengikuti perkembangan zaman. Hal ini kemudian memicu kami untuk melirik
suatu komunitas yang masih jarang dimasuki oleh para pengusaha, yaitu
komunitas aneka kue-kue dan parsel Perusahaan kami bergerak di bidang
perdagangan yang menjual aneka kue dan parsel Industri ini masih
berskala kecil dan hanya bersifat pengenalan kepada konsumen, sehingga
produkyang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan oleh
keadaan pasar yang tidak tetap dan cepat berubah sesuai dengan tren yang
juga cepat berubah. Namun dengan berjalannya proses usaha diharapkan
usaha ini dapat meningkatkan produksi dan memperluas pangsa pasar produk
dengan mengutamakan mutu dalam produksinya. Sebagai manusia yang
berpikir dengan akal sehat maka sudah sewajarnya memikirkan cara
mengatasi masalah diatas dengan cara menciptakan lapangan kerja untuk
sekarang dan masa akan datang demi kelanjutan hidup sebagai seorang
manusia. Berangkat dari kesadaran tersebut diatas, kami yang merupakan
mahasiswa berniat mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang
bergerak dibidang bisnis makanan yaitu bisnis aneka kue, yang kami
berinama kue kering spesial. TUJUAN Tujuan Kami Memiliki Jenis Usaha ini
Yaitu : 1. Membuka lapangan pekerjaan. 2. Mencari keuntungan atau laba.
3. Menarik minat konsumen untuk merasakan makanan yang sudah cukup
terkenal. 4. Mencapai target penjualan. 5. Berguna merencanakan
pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi
sekaligus penjualan makanan (kue kering) dan aneka bentuk parsel. URAIAN
BENTUK, JENIS USAHA, DAN PENDIRIAN USAHA Bentuk usaha ini adalah
persekutuan, karena dari segi formalitas dan batasan hukum yang dimiliki
adalah kecil. Pengambilan keputusan dibuat berdasarkan kesepakatan para
pemilik modal. Laba sepenuhnya menjadi hak pemilik yang berdasarkan
kesepakatan para pemilik modal yang sesuai pada saat pendirian
perusahaan. Pertimbangan lain dalam memilih usaha ini adalah karena
modal didapat cenderung lebih besar daripada perusahaan perseorangan,
tetapi kami merasa masih belum perlu mencari pinjaman dalam pengadaan
modal. Apabila usaha sudah besar maka tidak menutup kemungkinan untuk
memperluas bentuk usaha. Pendirian usaha ini adalah merintis usaha baru
jadi bukan dengan cara membeli perusahaan, dan juga bukan kerja sama
manajemen (franchising). NAMA USAHA Usaha kue kering yang akan kami
didirikan diberi nama “KUE KERING SPECIAL”. STRUKTUR ORGANISASI Struktur
organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan
tanggung jawab secara sistematis yang menunjukkan hubungan keterkaitan
antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi
tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur
seluruh aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut. Pengaturan ini
dihubungkan dengan pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan
sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam
bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan
dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat
diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga
tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai. Struktur organisasi
mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan
oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya setiap perusahaan ataupun suatu
usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan
dan jenis perusahaan ataupun suatu usaha tersebut. Struktur perusahaan
yang baik adalah struktur yang mampu memfasilitasi orang untuk membuat
kerja sama tanpa terjebak menciptakan birokrasi yang berbelit-belit.
Sehingga struktur yang ada akan mengoptimalkan kelebihan dan menutupi
kelemahan dari setiap bagian atau individu. Adapun struktur organisasi
dari usaha "KUE KERING SPECIAL" ini adalah: Gambar 1. Struktur
Organisasi Usaha kue kering special Struktur organisasi dari perusahaan
ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun
perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai
berikut: Pemimpin bertugas untuk mengatur,mengawasi, dan ngecek
tugas-tugas tiap tim. Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha kue
kering. Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam
kue,karakteristik dan permintaan konsumen. Tim Pemasaran bertugas untuk
menangani aktivitas penjualan dan pemasaran. Tim produksi bertugas untuk
memproduksi produk kue Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama
sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada
penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga
struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan.
RENCANA LOKASI USAHA Usaha kue kering ini adalah usaha yang paling mudah
untuk dikembangkan. Karena banyaknya peminat kue kering ini dan parsel .
Dan kue ini juga termasuk jenis makanan yang mudah diterima diberbagai
kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dan para orang tua.
Alasan kami memilih bisnis ini dikarenakan jenis makanan kue kering
banyak disukai kalangan masyarakat. Bukan hanya itu bahan-bahan untuk
membuat kue kering ini pun sangat mudah untuk diperoleh. Proses
pembuatan kue kering ini sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak
begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga
modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk proses produksi
tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya diberbagai tempat.
seperti dikantin-kantin kantor, di berbagai sekolah, dikampus, di
supermarket atau bahkan lewat online. TARGET PELANGGAN Target pelanggan
Kue Kering Spesial yaitu semua kalangan baik tua maupun muda, baik dari
tingkat ekonomi menengah ke bawah maupun dari tingkat ekonomi menengah
ke atas. Anak-anak ,anak muda , ibu rumah tangga dan semua kalangan.
ANALISA PEMASARAN PRODUK Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah:
Jangka Pendek 1. Produk kue kering ini lebih dikenal oleh masyarakat
umum 2. Produk kue kering ini bisa didapatkan di toko-toko kue, swalayan
atau bahkan supermarket 3. Mempunyai varian rasa baru 4. Adanya bonus
dengan minimum pembelian Rp.100.000 dan dibuatkan parsel Jangka Menengah
1. Pemasaran bisa dilakukan secara delivery order 2. Pembelian diatas
Rp.250.000 free delivery order 3. Free member card untuk pembelian di
atas Rp.200.000 dan dibuatkan bentuk parsel 4. Pemasaran melalui toko
on-online Jangka Panjang 1. Membuka outlet atau gerai resmi 2.
Memperluas produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah Cara
Memasarkan Usaha ini terbilang booming di pasaran karena penjualannya
yang cukup laris. Karena kue yang dijual sesuai dengan selera pasar dan
harganya pun terjangkau di kalangan masyarakat. Sehingga para pembeli
pun banyak berminat untuk membeli kue ini. Kue ini terbuat dari
bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikit pun dan juga tanpa
di beri bahan pengawet. Rasa khas yang melekat pada kue ini serta harga
yang ekonomis membuat kue kering ini semakin banyak diminati oleh
berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang tua. Selain rasanya yang
enak dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat
memesan kue ini. Penjual juga menaruh alamat dan juga nomor telepon,
sehingga bagi yang ingin memesan dapat langsung menghubungi rumah
produksi kue tersebut. Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara
memberikan bonus kepada para pembeli yang membeli di atas harga Rp.
100.000 akan di buatkan bentuk parsel “gratis”. Karena sudah banyaknya
peminat untuk membeli kue, maka dibukalah outlet resmi dan took on-line
untuk mempermudah para peminat untuk memesan kue ini. Apalagi jaman
sekarang ini, orang-orang hanya ingin cara yang simple untuk melakukan
pemesanan makanan untuk melengkapi makanan di acaranya. Hanya tinggal
datang atau menelfon bahkan bisa pesan lewat toko on-line kuepun siap
untuk di antar ke alamat tempat tujuan. Bisnis kue ini bisa dikatakan
cukup berkembang dengan cepat di kalangan masyarakat. Adapun cara
pemasarannya, yaitu: a. Dipasarkan lewat kantin sekolah b. Dipasarkan
lewat kantin kantor c. Dipasarkan di supermarket d. Dipasarkan secara
on-line e. Toko kue f. Menerima delivery order dengan minimum pembelian
Kendala 1. Munculnya usaha yang sama pasca usaha ini. 2. Modal yang
selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi
pemerintah, menyebabkan harga berubah. 3. Perubahan selera konsumen. 4.
Pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya
selalu berganti. 5. Keadaan alam yang tidak dapat diperkirakan. 6. Harga
bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat
tidak tetap. Produksi Kue Kering Didalam proses pembuatannya kue kering
keadaan atau tempat produksi haruslah bersih dan higenis. Agar pembuatan
kue tidak terhambat dengan keadaan setempat. Selain itu tempat juga
menjadi cerminan dalam pembuatan kue kering, karena jika tempat
pembuatan kue tidak bersih otomatis kue yang dibuat terkena kotoran dan
mudah terjangkit penyakit. Dan semua ini akan dapat mengurangi rasa dari
kue tersebut. Maka dari itu tempat produksinya harus bersih dan terjaga
dari kotoran. Dan kue-kue basah dan kering yang dihasilkan pun dapat
masak dengan benar dan jauh dari asumsi negatif dari tempat yang tidak
bersih. Analisis Bisnis Biaya Produksi 1. Modal Awal · Bahan Baku : Nama
Bahan Biaya 1. Terigu 4 Kg Rp. 40.000,00 2. Telur 2 Kg Rp. 32.000,00 3.
Gula tepung 2 Kg Rp. 30.000,00 4. Air Rp. – 5. Garam Rp. 5.000,00 6.
Vanili Rp. 6.000,00 7. Blue band Rp. 10.000,00 8. Baking Powder Rp.
6.500,00 9. Tepung Maizena Rp. 5.500,00 Jumlah Rp. 145.000,00 · · ·
Bahan Taburan : Nama Bahan Biaya 1. Kacang tanah ½ Kg Rp. 8.000,00 2.
Coklat Rp. 30.000,00 3. Keju Rp. 35.000,00 4. Susu kental manis Rp.
15.000,00 5. Kacang Mete 1 kg Rp. 40.000,00 Jumlah Rp. 128.000,00 ·
Peralatan Alat Produksi Nama Alat Jumlah Biaya 1. Mixer atau alat
pengaduk manual 2 Rp. 500.000,00 2. Tempat untuk mengaduk adonan 5 Rp.
70.000,00 3. Peralatan Masak Rp. 2.000.000,00 4. Timbangan kue 2 Rp.
250.000,00 5. Gelas ukur 2 Rp. 30.000,00 6. Loyang 5 Rp. 350000 7. Oven
manual atau microwave 2 Rp. 800.000,00 8. Toples plastic 600 Rp.
1.500,000,00 9. Peralatan Parsel Rp. 500.000,00 10. Lain-lain Rp.
1.000.000,00 Jumlah Rp. 7.000.000,00 Peralatan yang mengalami penyusutan
selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp2.000,00 dengan
menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun =
(Rp7.000.000,00 – Rp2.000,00)/4 = Rp1.748.500,00 per tahun atau sama
dengan Rp 145.791,00 per bulan. 1. Perkiraan penjualan per bulan Asumsi
per hari terjual 20 kotak kue × Rp. 25.000,00 × 30 hari = Rp.
15.000.000,00 Biaya-biaya: Peralatan Biaya Penyusutan peralatan Rp.
145.791,00 Bahan baku (Rp. 110.000,00 × 30 hari) Rp. 4.350.000,00 Bahan
taburan (Rp.128.000,00 x 30 hari) Rp. 3.840.000,00 Upah pegawai (3
orang) Rp. 2.250.000,00 Sewa tempat Rp. 750.000,00 Promosi Rp.
300.000,00 Listrik, air, telepon dan gas Rp. 400.000,00 Jumlah Rp.
12.035.791,00 2. Prive Rp. 200.000,00 3. Laba bersih per bulan Penjualan
– biaya-biaya – prive = laba bersih Rp. 15.000.000,00– Rp.12.035.791,00
– Rp. 200.000,00 = Rp. 2.764.209,00 4. Perkiraan modal kembali (Pay
Back Periode) Modal awal ÷ Laba bersih per bulan = jangka waktu modal
kembali (bulan) Rp 7.000.000,00 ÷ Rp 2.764.209,00 = ± 2,5 bulan Jadi
modal akan kembali sekitar 2,5 bulan. Penutup Kesimpulan Kesimpulan
dengan berjalannya proses pembuatan kue ini dan sampai menghasilkan kue
kering menjadikan bermacam –macam kue yang dapat di jual dan melakukan
transaksi terhadap penjual dan pembeli. Hal ini tentu saja telah
membuktikan bahwa berbisnis dapat kita lakukan atau kita produksi di
mana saja dan dengan berbisnis seperti ini kita juga dapat membuka
peluang usah bagi masyarakat untuk berwirausaha. Kritik dan saran dalam
penyusunan proposal ini kami harapkan dari para pembaca. Penyusun banyak
mengalami kendala, maka kami sangat mengharapkan adanya kritik dan
saran demi memajukan perusahaan kue kering kami ini. Saran Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai
beberapa saran, yaitu: Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
Pandai berkomunikasi. Mempunyai etos kerja yang tinggi. Mau
mendengarkan kritik dan saran dari orang lain. Tidak mudah putus asa.
Mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Mengutamakan kepuasan
pelanggan. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif.
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215:
https://goo.gl/efW8Ef
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef
Komentar
Posting Komentar